Jawon Virtual Marketing | Jasa Kelola Website | Jasa SEO Website | Jasa Digital Marketing | Kelola Sosial Media | Buat Website Berkualitas | Oprimasi dan Kelola Wordpress

Manfaat Menggunakan Instagram Reels Untuk Bisnis Kamu

Manfaat menggunakan Instagram Reels

Manfaat menggunakan Instagram Reels – Halo kawan, sudah posting vidio di Instargam Reels belum nih?? Pasti sudah upload lah ya.Instagram atau biasa disebut dengan IG, pada hari Rabu 23 Juni 2021 secara resmi meluncurkan fitur Instagram baru yaitu Reels untuk wilayah Indonesia. Sebelumnya Reels sebenarnya sudah sudah rilis terlebih dahulu di 50 negara sejak tangal 5 Agustus 2020.

Kemunculan fitur Instagram Reels di Indonesia menambah pengguna aktif IG sebanyak 87,8 juta sejak tanggal 18 Mei 2021. Jelas ini menjadi kabar gembira bagi pihak Instagram, mengingat bulan-bulan kemarin banyak pengguna IG yang beralih ke aplikasi sebelah, yaitu Tiktok. Tapi kali ini kita tidak akan membahas Tiktok, yang akan menjadi pembahasan di artikel kali ini dari Jawon Virtual Marketing adalah manfaat menggunakan Instagram Reels untuk jualan online.

Hal ini menarik untuk dibahas, mengingat pengguna Instagram di Indoensia yang sudah mencapai 8,78 juta. Tidak hanya Reels, fitur sebelumnya yang ada di IG juga ada marketplacenya. Ini merupakan peluang bagi pembisnis online yang ingin memasarkan produk atau jasa lewat Reels. Karena IG Reels akan memberikan beberapa manfaat untuk jualan dan jasa yang kamu buat. Berikut penjelasanya.

Manfaat Instagram Reels Untuk Bisnis

1. Konten Akan Lebih Mudah di Temukan

Ketika kamu memproduksi vidio di Reels, secara otomatis vidio tersebut akan masuk ke halaman Feed dan explore IG. Ketika vidio kamu sudah di lihat banyak orang, karena sudah IG sudah memberikan fasiltas bahwa vidio kamu akan di explore dengan cepat. Maka kamu tinggal memikirkan nih, bagaimana cara membuat konten vidio di Instagram Reels yang membuat orang penasaran untuk melihat produk atau jasa kamu lebih lanjut.

Dengan begitu pengguna Instagram yang tertarik dengan vidio mu tersebut akan mengunjungi halaman profil IG Reels. Dan Insight kamu akan naik bro. Sebagai tahap akhir orang akan membelii produk atau menggunakan jasa yang kamu sediakan. Mantab kan!

Baca Juga : Cara Mengalahkan Algortima Instagram

2. Mudahnya Mendapatkan Followers

Manfaat menggunakan Instagram Reels yang ke dua adalah mempermudah dalam mendapatkan followers. Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan jumlah followers hingga mencapai ribuan, pasti semua pemilik akun pribadi atau bisnis berharap seperti ini lah ya.

Masih ada hubungannya dengan point nomer satu, ketika kamu konsisten dalam posting vidio di Reels makan akan semakin banyak vidio kamu masuk ke explore Instagram. Konten yang bermanfaat dan menimbulkan rasa penasaran akan membuat pengguna IG Reels penasaran dan masuk ke halaman akun bisnis kamu.

Setelah itu jika user menyukai dan merasa jenis konten yang kamu produksi itu bermanfaat maka akan dengan senang hati orang tersebut akan mengikuti akun kamu. Yaaa, meskipun butuh waktu dan tidak mudah sih untuk menambah followers di IG. Kamu buat target aja, minimal dalam satu hari kamu mendapatkan 5 pengikut atau berapa gitu.

Ketika kamu sudah berhasil untuk mendapatkan followers sesuai target, maka peluang nama bisnis kamu supaya terkenal lewat dunia online akan semakin mudah dan akan terus berkembang. Apalagi akun kamu sudah mempunyai kepercayaan dari beberapa followers atau konsumen. Lambat laun penjualan atau jasa yang kamu tawarkan akan meningkat.

ILANJUT point 3.

3. Bisa Menjadi Jalan Alternatif Untuk Ngiklan Gratis

Setiap hari posting 1 vidio di Reels Instagram itu sama halnya dengan kamu ngiklan secara gratis loh. Ngiklan gratis dan mengahsilkan uang tentunya. Siapa yang tidak ingin coba. Bayangkan saja jika kamu menggunakan layanan Facebook Ads, kamu minimal harus mengluarkan uang sebesar Rp. 20.000,00  Rp. 25.000,00 setiap 1.000 orang yang melihat iklan tersebut.

Silahkan mencoba optimasi Instagram Reels untuk jualan kalau belum ernah mencaba cara ini. Solanya IG sudah memberikan kemudahan postingan kamu masuk Reels explore, seperti yang sudah dijelaskan. Dan ketika vidio kamu mendapatkan viewer banyak, maka kamu tak perlu membayar alias gratis. Beda cerita kalau kamu menggunakan layanan Facebook Ads.

Tapi jika kamu sudah mempunyai modal untuk bisnis, kamu bisa mengkolaborasikan Instagram Reels ini dengan Facebook Ads berbayar.

4. Akan Jauh Lebih Mudah Menyampaikan Pesan Yang Ingin Kamu Sampaikan

Manfaat menggunakan Instagram Reels yang terakhir adalah koten akan lebih mudah dipahami. Mengapa bisa seperti itu? Jaman sekarang dan ini sudah terbukti (mungkin kamu juga orang seperti ini), banyak orang yang tertarik dengan konten dalam bentuk vidio, bukan lagi gambar. Yaa atau tidak ???

Yang jelas semenjak kemunculan aplikasi Tiktok yang kemudian buming di Negara Indonesia, masyarkat menjadi lebih  suka mengonsumsi konten dalam bentuk vidio. Sehingga membuat tingkah orang-orang di sekitar kamu sering melakukan aksi joget-joget sendiri, ketika mendengarkan alunan musik remik. Hahaha. Jika kamu masih bingung ingin membuat konten seperti apa, silahkan baca jenis konten menarik di Instagram.

Dari kebiasan masyarakat yang mulai suka dengan jogetan, musik remik, efek jedag-jedug, jika kamu kreatif, belajarlah untuk mempelajari cara edit vidio dengan menggunakan beberapa aplikasi edit vidio seperti CapCut dan sebagainya.

Kolaborasikan antara musik remik, jogetan, dan foto produk kamu. Tapi jika kamu tidak hadal dalam berjoget atau malu. Tipsnya foto produk kamu aja yang kamu jogetin (maksudnya di edit) di Youtube juga sudah banyak kan tutorial edit vidio untuk Instagram Reels.

Inilah keunggulan ketika kamu menggunakan Instagram Reels untuk bisnis. Cukup sekian pembahasan tentang manfaat menggunakan Instagram Reels. Semoga informasi ini bermanfaat dan membuat kamu semakin bersemangat lagi dalam membuat konten di Reels. Sampai bertemu di artikel berikutnya.