Jawon Virtual Marketing | Jasa Kelola Website | Jasa SEO Website | Jasa Digital Marketing | Kelola Sosial Media | Buat Website Berkualitas | Oprimasi dan Kelola Wordpress

Strategi Membuat Konten Instagram

Strategi Membuat Konten Instagram Yang Menarik Konsumen

Strategi membuat konten Instagram yang menarik konsumen bisa menjadi suatu pekerjaan yang cukup melelahkan. Hal ini karena postingan Instagram tidak bisa begitu saja dibuat secara serampangan. Perlu strategi dan riset secara utuh dan detail untuk menghasilkan postingan konten Instagram yang menarik minat konsumen. Baik menumbuhkan minat membeli pruduk atau jasa yang kita jual, maupun minat untuk mau dengan sukarela menikmati postingan Instagram kita.

Instagram menjadi salah satu platform yang memegang peranan cukup penting untuk mengenalkan produk atau jasa yang akan kita jual. Selain itu secara tidak langsung melalui media sosial ini kita membangun identitas perusahaan (Brand Awareness) dan mengenalkannya pada khalayak luas.

Ada beberapa indikator yang harus dipenuhi untuk bisa menghasilkan postingan Instagram yang menarik. Indikator yang paling sederhana dan dasar adalah kamu memastika menggunakan fitur Instagram bisnis. Ini menjadi wajib sebagai media promosi yang nantinya bisa memkasimalkan kerja konten-konten postingan yang kamu buat.

Cara Membuat Postingan Instagram yang Menarik Untuk Followers

1. Melakukan Riset Followers Sebelum Mebuat Konten

Sebelum konten siap di posting, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan riset followers. Setiap followers yang ada di akun Instagram kita memiliki alasan kuat kenapa mereka mau mem-follow akun kita. Bisa jadi karena mereka mengenal kita, bisa jadi karena konten yang di posting menarik, atau konten Instagram kita mampu memberi informasi edukasi bagi followers kita.

Lakukan riset kecenderungan followers Instagram, apa yang mereka sukai dan menarik bagi mereka. Hal ini nantinya akan berpengaruh pada konten yang akan kita buat. Konten yang kita buat harus melihat kesukaan followers dan calon followers baru yang akhirnya mau mengikuti akun kita.

2. Tentukan Design Konten yang Menarik

Setelah melakukan riset, strategi berikutnya yang harus kamu lakukan adalah menentukan design konten yang menarik. Memilih dan menentukan design konten yang unik, spesifik, dan menarik akan membantu mengundang followers untuk mengikuti akun kita. Tidak sedikit akun Instagram bisnis yang meniru konten kompetitornya agar bisa diminati orang lain.

Cara ini bisa saja dilakukan. Tetapi tidak semua design konten dari kompetitor cocok untuk followers kamu. Selain itu dengan meniru milik orang lain akan membuat konten kamu tidak memiliki ciri khas. Jadi kamu perlu memikirkan dengan matang design konten yang menarik dan unik, sehingga menjadikannya original. Tetapi kamu tetap harus ingat, design konten ini tentap harus relevan dengan bisnis atau produk dan jasa milik kamu. Keuntungan memiliki design konten yang unik dan memiliki ciri khusus akan memudahkan brand kita mudah untuk diingat oleh followers.

3. Konsisten Dengan Ciri yang Dipilih

Tidak sedikit yang merasa kesulitan dalam memilih dan menentukan ciri khas produknya. Padahal sebenarnya sederhana, ciri khas ini bisa dilakukan dengan cara konsisten dalam membuat konten yang akan diunggah. Buat konten yang konsisten dan kontinu antara satu postingan dengan postingan yang lain. Caranya adalah membuat konten yang senada, baik untuk konten feed maupun untuk konten story.

Misalnya, kamu menentukan konten dengan warna dominan merah, makan konsisten dan kontinu dengan warna tersebut untuk postingan feed dan story. Cara ini bisa dengan sendirinya membuat persepsi followers akan ciri khas dari konten yang kita buat.

4. Manfaatkan Foto dan Vidio Produk

Strategi membuat konten Instagram yang menarik berikutnya adalah dengan memanfaatkan foto dan vidio produk kamu. Foto dan vidio produk ini tidak bisa hanya sekedar foto saja. Jika kamu tidak mengolahnya dengan baik, konten kamu bisa bernilai sebagai spam dan akan membuat followers menjadi semakin jauh.

Agar foto dan vidio produk kamu terlihat menarik, kamu bisa mengambil dari beberapa sisi untuk menunjukan foto dan vidio produk kamu. Selain dari pengambilan gambar dari beberapa sisi, kamu juga bisa menggunakan variasi lain yang memungkinkan menunjukan kualitas dan keunggulan produk kamu. Misalnya, kamu bertujuan ingin menunjukan kualitas produk, kamu bisa menggunakan foto close up agar material yang di pakai bisa terlihat lebih jelas.

Selain itu yang tidak kalah penting adalah penggunaan bacground dengan warna senada di setiap foto yang akan di unggah. Tidak harus sama persis, setidaknya kamu bisa memilih warna atau latar belakang gambar yang tidak terlalu jauh berbeda. Tujuannya adalah agar feed Instagram kamu nanti akan terlihat rapi. Pilih background yang tidak terlalu mendominasi, sehingga mengalihkan perhatian followers. Pilih background yang tidak membuat produk kamu terlihat samar.

Hal lain yang perlu menjadi catatan adalah cantum kan Call to Action (CTA) dalam setiap postingan Instagram kamu. Langkah ini bertujuan untuk memudahkan customor yang tertarik untuk membeli produk kamu tahu harus menghubungi siapa dengan cara seperti apa.

5. Pilih Konten yang Mengundang Like dan Komentar atau Interaksi

Strategi membuat konten Instagram yang menarik konsumen selanjutnya adalah dengan cara memilih konten yang bisa mengundang like dan komentar dari followers kamu. Semakin tinggi like dan komentar yang bisa kamu buat makan akan semakin baik kualitas konten yang di publikasikan. Hal ini akan sebanding dengan engagement yang jauh lebih banyak tercapai oleh konten tersebut.

Sebuah riset menyebutkan jika algoritma akan selalu ada pembaruan oleh Instagram. Dengan konten yang di posting melalui feed hanya mampu menjangkau 3% dari pengguna Instagram. Jangkauan ini bisa lebih besar dan lebih luas jika konten yang kamu buat bisa menghasilkan banyak like dan komentar.

6. Lakukan Banyak Eksperimen

Last but not least, strategi konten Instagram yang menarik konsumen adalah dengan melakukan banyak eksperimen. Faktanya, membuat konten Instagram yang menarik tidak semudah yang kita kira. Melakukan banyak eksperimen akan membuat kamu memahami bagaimana cara memproduksi konten Instagram yang selalu menarik followers. Lakukan eksperimen ini secar konsisten, baik pada bagian feed ataupun story.

Jadi ini adalah beberapa strategi membuat konten Instagram yang menarik konsumen yang bisa kamu lakukan dan terapkan untuk konten Instagram bisnis kamu. Semoga artikel dari Jawon Virtual Marketing ini dapat membantu pekerjaan kamu. Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *