Jawon Virtual Marketing | Jasa Kelola Website | Jasa SEO Website | Jasa Digital Marketing | Kelola Sosial Media | Buat Website Berkualitas | Oprimasi dan Kelola Wordpress

Cara Membalas Chat Customer Online Shop

Cara Membalas Chat Customer Online Shop

Oke hari ini saya akan sharing mengenai bagaimana cara membalas chat customer online shop yang sering banyak pertanyaan. Atau Mereka ingin mencari sesuatu tentang produk Anda ya. Bisa juga Ingin tahu Lebih detail tentang produk Anda.

Jadi ketika mereka sampai di fase ini sebenarnya mereka harus pikir dulu, mereka harus tanya dulu. Atau mereka harus browsing mereka harus lebih tahu banyak hal deh. Pernahkah anda mengalami situasi seperti ini?

Kalau anda pemilik bisnis Anda pengusaha yang mungkin sekarang sudah mulai ke online atau mungkin transformasi ke online artinya banyak customer yang ngechat. Customer itu nantinya anda handle sendiri melalui WhatsApp atau lewat customer service. Untuk menjawab semua pertanyaan-pertanyaan dari customer Anda atau calon customer Anda. Namun kadang kala sebagai pebisnis kita menjadi kesal karena mereka gak jadi beli padahal sudah menghabiskan waktu kita untuk membalas pesan kita. Lalu bagaimana sih cara membalas chat customer online shop agar mereka tak sekadar nanya-nanya saja. Simak terus artikel ini hingga akhir.

Cara Berkomunikasi dengan Pelanggan

Jadi hari ini artikel ini akan membahas mengenai bagaimana cara membalas chat customer online shop. Maksudnya yang nanya di chat gitu ya. Bagaimana cara kita memastikan dan juga meyakinkan calon customer sehingga mereka enggak cuma nanya-nanya doang tapi mereka beneran beli itu paling penting?

Tentunya ada caranya ya. Biasanya bayangkan begini: Kita Sudah masuk ke dunia online artinya customer customer juga transaksinya sekarang sudah online semua ya. Mereka lihat marketplace toko anda lalu melihat-lihat produk Anda akhirnya mereka chat.

Mungkin Setelah itu mereka beli ya. Bahkan berapa banyak dari kita yang sudah pasang iklan dengan budget cukup besar ya. Mungkin iklan kita bagus dan mungkin postingan kita juga bagus. Lalu secara followers mungkin meningkat tetapi yang belinya tidak ada. Tentu ini menjadi PR tersendiri bagi kita. Oleh karena itu inilah cara membalas chat customer online shop yang efektif dan layak anda coba. 

  • Siapkan Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Customer Sekaligus Jawabannya

Saya akan berbagi tips cara membalas chatnya. Ada beberapa Framework yang saya bagikan kepada anda di tips kali ini. Yaitu bagaimana cara membalas chat customer online shop dari calon customer ya. Oke tips nomor satu adalah Anda harus menyiapkan frequently ask question atau pertanyaan yang sering ditanyakan oleh customer. Anda harus siapkan itu dulu jadi lakukan dulu PR Anda yaitu siapkan pertanyaan-pertanyaan dan jawabannya atas pertanyaan-pertanyaan.

Jadi keberhasilan closingan adalah bagaimana cara CS Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan dari customer itu. Juga jangan jawab yang rumit ya kawan. Mungkin Jawabnya bagus sih bener jawabnya tapi terlalu rumit terlalu kompleks buat customer. Jadi harusnya lebih bisa lebih simpel dan gampang diterima oleh customer.

Contoh Jawaban yang Simpel

Contoh misalnya semuanya begini, “Eh mbak atau admin mau tanya itu warnanya ada apa aja ya?”.

Misalnya tanya begitu jawabannya bisa jadi kan kalau misalnya anda cuma jual produknya yang warnanya merah oranye sama kuning ya jawabnya “Iya Kak stok barang kita ada warna merah orange dan kuning”. Laku Benarkah jawabannya?

Iya bener tapi bukan itu yang diinginkan oleh customer. Maka kita harusnya jawabnya gini, “Oke kakak-kakak lebih suka warna apa kalau Boleh saya tahu?”

  • Mainkan Psikologi Harga

Biasanya kita ketika ditanya harga maka akan stuck pada angka yang tertera di produknya. Jika kita membalas sesederhana itu maka customer akan lari dan tidak akan balas chatnya lagi. Maka dari itu jika ada yang tanya berapa harganya maka jawab secara lengkap. Contohnya “Oke gini Bu kalau boleh tahu Ibu budgetnya berapa?”. Jika customer sudah sebutkan budget dan itu di bawah harga kita maka jawab saja begini.  “Iya saya budgetnya mungkin di atas Ibu budgetnya. Oke kalau di bawah Rp100 ini Bu pilihannya ABC”. Jadi intinya selalu kasih pilihan.

  • Jelaskan Keunggulan Produk

Semisal customer sudah oke terkait spesifikasi dll, lalu tawarkan harga. Jika harga masih kurang cocok maka jelaskan keunggulan produk untuk membalas chat customer online shop. Jawab saja begini, “Oke berarti hanya harga ya Bu yang jadi kendalanya sekarang. Kalau gitu saya jelaskan Begini bu. Nah sebelumnya Boleh saya jelaskan dulu ya Bu produk kita tuh apa keunggulannya ……”, begitulah.

Jadi sebelum anda sepakat harganya maka Jelaskan sekali lagi fungsional benefitnya plus emotional benefit. Baru anda jelaskan harga. Nah jadi mereka akan melihat harganya itu ternyata setelah tergaet secara emosional ya murah gitu kan atau ternyata masuk akal harganya.

  • Berilah Promo namun dengan Trik untuk Lebih Ngangkat Produk

Biasanya meskipun sudah tahu keunggulan produk, mereka tetap akan ragu. Kalau begitu maka berilah promo kecil-kecilan. Chat lagi mereka dengan kata-kata begini, “Oke bu Hai gimana kabarnya? Misalnya saya kasih harga lebih murah untuk pembelian dua bagaimana? “Begitulah cara follow up customer lebih lanjut.

Jadi pertama pada saat Anda jawab calon customerAnda harus jawab dengan jawaban yang benar-benar itu bukan artinya jawabannya yang bener-bener secara bener jawaban ya. Tapi bener itu artinya bener-bener praktis dan mengena kepada customer. Contohnya seperti tadi saya contohkan bahwa jawabannya belum tentu langsung jawaban tapi bisa jadi pertanyaan atau malah kita sekali lagi malah kita lebih peduli lebih tanya lagi apa yang dia butuhkan sebetulnya gitu ya.

Hai sensitif yang kedua adalah Anda harus berikan jawabnya juga tadi. Pada saat nanya harga itu penting itu harus jawabannya benar, tepat.

Nah Semoga cara membalas chat customer online shop di atas bisa membantu anda.Terutama untuk Para pemilik bisnis, para pengusaha online. Salam sukses stay healthy stay positive salam.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »