Jawon Virtual Marketing | Jasa Kelola Website | Jasa SEO Website | Jasa Digital Marketing | Kelola Sosial Media | Buat Website Berkualitas | Oprimasi dan Kelola Wordpress

Manfaat Menggunakan Google My Business

Manfaat Menggunakan Google My Business

Manfaat Menggunakan Google My Business – Apakah kamu memiliki bisnis yang sedang kamu rintis? Dan apakah kamu ingin bisnismu semakin terkenal dan orang-orang mudah untuk menemukannya? Maka kamu perlu menggunakan tools dari Google agar bisnismu semakin bisa dijangakau oleh banyak orang. Tools tersebut adalah Google My Business.

Apa itu google bisnisku atau google my business? Google bisnisku yaitu suatu tools dari Google yang bisa kamu gunakan untuk mengelola tampilan halaman bisnismu di halaman pencarian Google dan juga Google Maps.

Contohnya ketika kamu membuka suatu bisnis atau toko dalam halaman pencarian google maka, pada samping kanan layar terdapat informasi-informasi mengenai bisnis tersebut. Seperti informasi alamat, jam buka , telepon dan lain-lain.

Dengan menggunakan Google My Business atau Google Bisnisku kamu bisa memberikan informasi tentang bisnismu secara terperinci. Tujuan utama dalam menggunakan Google My Business yaitu memudahkan pelanggan untuk mengetahui bisnismu dan memberikan informasi yang lengkap lewat online. Selain itu dalam Google Bisnisku terdapat fitur review atau ulasan jika ulasan dalam bisnismu bagus maka, akan membuat pelanggan semakin percaya terhadap bisnismu.

Apakah sekarang kamu sudah menggunakan Google My Business dalam bisnismu? Jika belum, maka kamu wajib sekali membaca artikel ini sampai selesai. Agar kamu lebih paham manfaat menggunakan Google My Business. Karena Jawon Virtual Marketing akan memberikan informasi itu kepadamu. Baca sampai selesai ya..

Manfaat Menggunakan Google My Business Untuk Bisnismu

1. Menambah Kepercayaan Pelanggan Kamu

Manfaat pertama yang akan kamu dapatkan yaitu menambah kepercayaan pelanggan. Seperti yang telah terterah diatas jika bisnismu mendapatkan ulasan atau review yang bagus maka pelanggan akan lebih percaya dengan bisnismu.

Selain itu jika informasi yang kamu berikan lengkap, rinci dan nyata maka pelanggan akan merasa puas terhadap bisnismu. Atau kamu bisa memberikan berbagai gambar yang rinci dan keren tentang produkmu. Supaya pelanggan semakin yakin dan ingin berkunjung ke toko offline kamu.

2. Menarik Lebih Banyak Pengunjung Online dan Offline

Manfaat kedua yang akan bisnismu dapatkan yaitu dengan menggunakan Google My Business akan lebih banyak menarik pengunjung. Karena dengan bisnismu yang telah didaftarakan, maka bisnismu akan dibantu promosikan oleh Google.   Karena bisnismu akan secara otomotis bisa dilihat oleh pengguna ponsel secara global. Siapapun yang ingin mencari tempat usahamu akan mudah menemukannnya dengan Google Maps tersebut.

3. Bisnis Kamu Mudah Di Temukan Calon Pembeli Baru

Manfaat lainnya yaitu bisnis kamu mudah di temukan, dengan kamu memberikan informasi tentang bisnismu maka pelanggan akan lebih mudah menemukan bisnismu sesuai alamat yang ada di Google Maps. Pelanggan lebih mudah menemukan toko atau bangunan bisnismu secara fisik.

Dengan bantuan maps, orang-orang langsung bisa melihat bentuk dari bisnismu sehingga mereka akan tertarik dari awal. Dengan ketertarikannya itu, pelanggan memiliki keinginan untuk mengunjungi bisnismu atau memesan sesuatu dari bisnismu.

4. Memberi Informasi Ke Pelanggan Secara Online

Manfaat lainnya yaitu dapat memberikan informasi ke pelanggan. Pelanggan dengan mudah akan mendapatkan informasi dari smartphone mereka. Maka berikanlah informasi yang lengkap dan rinci agar pelanggan percaya terhadap bisnis yang kamu jalankan.

Nah, itulah beberapa manfaat dari mendaftarakan bisnismu menggunakan google my business atau google bisnisku. Tapi tahukah kamu jika dalam google my business terdapat kekurangan juga? Nah, diartikel ini juga terdapat beberapa kekurangan dari google my business atau google bisnisku. Berikut kekurangannya:

Kekurangan Google My Business

1. Rawan Mendapatkan Ulasan Negative

Karena siapapun bisa mengisi ulasan di google my business yang kamu miliki. Jika ada beberapa pelanggan yang merasa tidak puas dengan pelayanan dan kualitas porduk yang mereka beli dari toko kamu. Maka orang tersebut akan dengan mudah memberikan ulasan negatif atau komplain di akun Google Maps dengan sangat mudah.

2. Rawan Terhadap Penutupan Bisnis Oleh Pihak Kompetitor

Hal lainnya yaitu bisnismu bisa ditake down atau dilaporkan sebagai spam oleh competitor . Semoga kam di jauhkan dengan kompetitor yagn memiliki niat jahat seperti ini yaa. Lebih baik bersingalah edngan cara yang sehat dan halal. Agar uang yang kamu dapat lebih bermanfaat dan berguna. Jangan pernah melakukan hal ini, meskipun kamu belum bisa menyaingi kompetitor kamu. Yang sebaiknya kamu lakukan adalah amati tiru modifikasi cara yang kompetitor lakukan dalam bagaimana memasarkan produkya.

3. Verifikasi Yang Cukup Lama dan Tidak Ada Kepastian

Sering terjadi bahwa proses verifikasi untuk google my business lama bahkan sampai berbulan-bulan. Sudah tanya sana-sini tetapi belum juga kepastian. Kunci hanya satu, yaitu menunggu kalau misal kasus ini terjadi pada diri kamu.

4. Gampang Tergeser Oleh Kompetitor Karena Cukup Ketat

Saat ini banyak jenis bisnis yang didaftrakan pada google my business. Maka bisnismupun akan mudah tergeser oleh kompetitor. Jika kamu di dalam akun tersebut belum memiliki jumlah review positif dari pelanggan. Kurangi juga review negatif jika tidak mau tenggelam di dalam mesin pencarian Google.

5. Sulit Untuk Membuat Presisi Titik Koordinat Yang Tepat

Terkadang terdapat kendala dalam mendafatarkan bisnis dalam Google Bisnisku, karena kesulitan menentukan posisi yang pas untuk lokasi bisnis. Kuncinya sabar dan teliti saja kalu di bagian ini

Nah, itulah beberapa manafaat dalam menggunakan google my business di dalam sebuah bisnis. Intinya dengan kamu menggunakan Google Bisnisku, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti menambha kepercayaan pelanggan, pengunjung semakin yakin ketika melihat akun bisnismu, lokasi bisnis mudah untuk di temukan, pelanggan akan tahu informasi lebih detail tanpa harus ke toko langsung.

Kalau berbicara soal kekuranganya, pasti kamu sudah pernah mengalami kekurangan tersebut (bagi yang sudah memliki akun Google Business). Kekurangan yang dijelaskan tersbut termasuk suatu hhal yang wajar, seperti mendapat ulasan negatif. Pasti setiap bisnis mendapatkan itu, kalau memang tidak pernah mendapatkan ulasan negatif, isi reviewnya positif semua berarti besar kemungkinan bisnis tersebut menggunakan jasa revew Google Maps.

Kekurangan yang banyak terjadi soal gampang tergeser oleh kompetitor. Yaaaa, namanya bisnis, pasti selalu ada yang namanya persaingan. Apalagi di masa saat ini, yang rata-rata para pengusaha lebih menggunakan pemasaran online untuk menawarkan jasa mereka. Jadi akmu harus siap untuk berjuang lebih keras untuk bertarung di posisi teratas hasil percarian Google Maps.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *