Jawon Virtual Marketing | Jasa Kelola Website | Jasa SEO Website | Jasa Digital Marketing | Kelola Sosial Media | Buat Website Berkualitas | Oprimasi dan Kelola Wordpress

Manfaat long tail keywords

Manfaat Long Tail Keywords Pada Artikel SEO

Manfaat long tail keywords – Halo manusia SEO, sudah sampai mana nih kemampuan kalian tentang SEO kali ini? Sebab Jawon Virtual Marketing kali ini akan membagikan tips tentang keunggulan menggunakan kata kunci panjang (long tail keywords). Seharusnya kamu sudah pernah dengar lah ya kata ini. Ada dua jenis kata kunci sebenarnya, yaitu kata kunci pendek (short keywords) dan kata kunci panjang (long tail keywords).

Di antara dua jenis kata kunci tersebut manakah yang lebih efektik digunakan?

Jawaban dari pertanyaan di atas bisa kamu temukan ketika sudah membaca dan memahami artikel Manfaat long tail keywords dan fungsi kata kunci pada artikel ini sampai selesai. Di dalam artikel ini juga akan diceritakan tentang seorang karyawan Kampus Dosen Jualan yang menggunakan kata kunci panjang dan manfaatnya.

Long tail keywords artinya kata kunci yang sengaja dibuat dengan penjelasan yang spesifik dan memiliki volume kecil (yang menggunakan kata kunci tersebut sedikit belum banyak). Banyak orang yang ragu dengan menggunakan kata kunci panjang, mungkin karena belum tahu kali ya, jadi ragu dan memilih untuk menggunakan kata kunci pendek. Pahal website mereka belum mampu untuk bersaing menggunakan kata kunci dengan satu kata dengan volume yang lebih besar. Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan kata kunci panjang dalam sebuah artikel-mu, yuk simak dulu penjelasan di bawah ini.

Keunggulan Long Tail Keyword Untuk Artikel SEO

1. Persaingan Lebih Rendah

Kenapa persaingan lebih rendah. Baiklah, dari pada kamu pensaran, berikut contohnya

 

Berdasarkan gambar contoh di atas pada lingkaran merah (maaf jika kurang jelas gambarnya), dapat disimpulkan bahwa kata kunci “cara menghilangkan jerawat menggunakan teh” hanya memiliki 27 hasil. Yang dimaksud volume lebih kecil adalah yang menggunakan keywords  dengan kata ini belum banyak. Saya akan memberikan contoh juga yang short keywords, dengan memotong kata tersebut menjadi “cara menghilangkan jerawat”, berikut hasilnya

Bagaimana, kamu sudah bisa melihat sendiri kan hasilnya berapa pada lingkaran kuning. Dengan volume besar seperti itu, maka persaingan untuk mendapatkan rangking di halaman satu google perlu usaha yang lebih keras. Kecuali Website kamu sudah keren, sudah punya backlink dan DA PA yang tinggi juga bro, akan lebih mudah.

2. Peluang Page One Lebih Besar

Jika kamu sudah paham dengan point diatas, maka hal terindah yang akan terjadi ketika menggunakan kata kunci panjang adalah, artikel kamu berpeluang lebih besar untuk muncul di halaman satu Google broo. Sudah pasti bisa muncul di halaman satu google sih kalau menurut Saya (berdasarkan pengalaman prbadi, kelola website klien). Karena volumenya kecil. Selain itu pengguna internet saat ini lebih suka mencari suatu informasi di internet secara detail. Misal meraka selalu manambahkan lokasi di bagian akhir dan lain-lain. Lalu bagaimana, apakah kam sudah berani mencoba untuk menggunakan long tail keywords  ??

Kalau belum lanjut ke nomer 3, agar lebih mantab nih.

3. Sasaran Target Lebih Cepat

Sekarang, Saya mau tanya nih. Daerah atau terget daerah mana yang ingin kamu tuju?  Sudah dijawab, nah setelah itu kamu bisa menuliskan target tersbut di dalam sebuah kata kunci panjang. Contoh, kamu seorang yang menjual helm clasik di daerah Kabupaten Bantul. Tetapi kamu ingin menjual helm tersebut dengan target pasar di Kabupaten GunungKidul. Kata kunci yang cocok untuk mendapatkan sasaran target lebih cepat adalah dengan menggunakan long tail keywords  “Jual helm calsik murah GunungKidul”, “Grosir helm clasik original di GunungKidul” dan masih banyak lagi bisa kamu cari sendiri sambil melakukan riset kata kunci.

Lanjut ke point terakhir, nangggung.

4. Mendatangkan Banyak Trafik

Jika kamu sudah berhasil membuat beberapa artikel di dalam website dengan menggunakan long tail keywords, maka trafik organik di website kamu juga akan meningkat. Alasanya karena kata kunci panjang tidak hanya menargetkan satu kata saja, melainkan menggunakan lebih dari satu kata kunci.

Dengan cara ini, kata kunci kamu akan lebih sering muncul di halam satu google (walaupun tidak selalu di halaman satu). Dengan sering muncul di halaman Google, maka inilah yang disebut sebagau traffik organik (meningkatkan trafik tanpa menggunakan cuan sedikitpun hanya mengandalkan artikel). Jika kamu ingin mendapatkan banyak trafik pada website, kam setidaknya juga harus tahu tentang cara merawat website bisnis online.

Sedikit Cerita Kisah Nyata Dari Manfaat Menggunakan Long Tail Keywords  

Jadi ada seorang karyawan yang berkerja di Jawon Virtual Marketing, anggap saja namanya Maikel. Maikel ini adalah seorang karyawan baru di perusahaan A dan sama sekali belum mengetahui ilmu SEO, dengar saja belum pernah. Dia baru lulus kuliah dan alhamdulilah langsung mendapatkan kerja berkat keunikanya dalam menulis artikel (tanpa SEO).

Selama hampir 2 minggu maikel mengikuti kelas sesuai perintah pemlih perusahaan. Kelas Inkubator SEO namanya. Setelah progam mengikuti kelas selesai, Maikel langsung mendapatkan jatah klien dari perusahaan B. Klien ini meminta ke Maikel untuk kelola website (yang penting di isi artikel dulu). Karena websitenya masih benar-benar baru.

Singkat cerita, karena maikel ini masih orang baru di dunia SEO, setalah bertanya sana-sini bingung dengan kata kunci apa yang paling cocok, akhirnya Maikel ini memutuskan untuk menggunakan kata kunci panjang (long tail keywords) pada setiap konten artikel. 3 bulan telah berlalu, lalu inilah hasilnya

Maaf gambarnya blur, biar kamu pensaran, hhe. Yang jelas itu kata kunci panjang berada di peringkat satu Google semua.

Oke, sampai disini dulu pembahasan tentang Manfaat long tail keywords dan sedikit cerita kisah nyata seorang Maikel yang sudah menerapkan kata kunci panjang pada artikel SEO. Cari informasi lain tentang SEO, Website, konten dan lain-lain di Jawon Virtual Marketing. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat mencoba…

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *