Jawon Virtual Marketing | Jasa Kelola Website | Jasa SEO Website | Jasa Digital Marketing | Kelola Sosial Media | Buat Website Berkualitas | Oprimasi dan Kelola Wordpress

Tata Cara Membuat Landing Page

Tata Cara Membuat Landing Page Yang Baik

Tata Cara Membuat Landing Page – Apakah kamu sedang berkinginan unuk membuat landing page sendiri? Atau ingin tahu bagaimana cara membuat landing page yang baik? Kalau memang betul iya, silahkan baca artikel ini sampai selesai ya. Tapi sebelumnya ada beberapa pertanyaan untuk kamu yang ingin membuat landing page.

Apasih tujuan kamu membuat landing page? Apakah hanya ingin menambah subscriber email atau memperkenalkan produk baru yang kamu punya? Atau hanya untuk memberikan voucher diskon pada layanan berlangganan?

Jika kamu sudah menentukan tujuan dalam membuat landing page, maka hal selanjutnya yang perlu kamu persiapkan yaitu tentang pesan utama yang akan kamu sampaikan dalam landing page-mu. Bagaimana penawaran yang kamu punya, apakah bisa menyelesaikan atau membantu masalah seseorang?

Setelah pesan utama, mulailah untuk melakukan riset kata kunci. Kamu harus memikirkan apa saja yang ada pada pemikiran seseorang ketika mereka mencari solusi dalam masalah yang mereka punya dan solusinya ada pada produkmu. Nah, dari situ kamu bisa membuat konten yang menarik agar orang-orang tersebut mengunjungi landing pagemu.

Jika sudah sekarang saatnya mengetahui tata cara membuat landing page yang baik. Karena Jawon Virtual Marketing akan memberikan tata cara Membuat landing page kepadamu sekarang. Simak sampai selesai ya…

Cara Membuat Landing Page Bagi Pemula

1. Judul Pemikat

Hal pertama yang harus ada dalam landing pagemu yaitu judul pemikat. Judul yang kamu gunakan haruslah judul yang mempu untuk membangkitkan minat, merebut perhatian dan memberikan pemahaman pada orang yang pertama kali membacanya.

Itulah salah satu kunci agar pengunjung ingin mengetahui lebih banyak tentang produk yang kamu tawarkan. Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam membuat judul yang memikat:

  • Judul utama harus menarik perhatian pembaca.
  • Sub judul harus memberikan gambaran untuk pembaca tentang produk atau layanan dalam landing page.

Penulisan judul harus pendek, jangan membuat judul  lebih dari 20 kata, lebih baik lagi untuk membatasinya menjadi 10 kata saja. Perlu menjadi catatan jika pada bagian bawah judul bisa kamu tambahi gambar yang menjelaskan tentang produk atau layanan.  Maka kamu tidak perlu menulis secara detail judul tersebut.

Jika produkmu sangat  rumit hingga tidak bisa menggunakan  10 hingga 20 kata, menambahkan gambar yang akan membantu memperjelas pembaca juga bisa kamu lakukan.

2. Gambar Yang Relevan

Konten visual seperti gambar, don’t, maupun warna merupakan komponen penting dari sebuah landing page. Sebagaimana dalam penelitian mengatakan bahwa otak manusia dapat memproses gambar 60.000 kali lebih cepat daripada teks. Artinya, pengunjung dapat terpengaruh dari gambar yang ada pada landing pagemu. Ketika kamu akan memilih gambar dan meletakkannya dalam landing page ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan seperti berikut:

  • Gambar yang kamu punya harus besar

Gambar yang ada pada landing page tentunya harus berkaitan dengan produk ataupun jasa yang kamu tawarkan. Contohnya jika kamu menjual obat herbal maka wajib dalam landing pagemu menampilakn obat herbal tersebut dengan jelas. Dan bila kamu menjual jasa atau layanan pilihlah gambar yang bisa menarik perhatian pengunjung.

  • Gambar harus berkualitas

Gambar yang kamu letakkan di landing page juga harus berkualitas karena dengan gambar yang berkualitas akan menambah kepercayaan pengunjung terhadap landing pagemu. Jangan asal-asalan dalam memasukan foto di landing page. Karena kesan pertama pengunjung dapat melihat dari gambar yang ada di landing page.

Adapula yang perlu kamu ingat bahwa dengan gambar pengujung akan menangkap pemahaman akan produkmu secara visual kemudian mereka akan mulai memikirkan apa saja yang akan mereka dapatkan jika membeli produkmu dan menggunakan jasamu. Gunakanlah landing page ini untuk membangun kepercayaan pengunjung dan jadilah brand atau produk yang berbeda dari competitor.

3. Penjelasan Lengkap

Landing page yang kamu miliki haruslah memiliki penjelasan yang jelas. Jangan menggunakan kata yang bertele-tele karena banyak pengunjung yang langsung ingin tau produkmu seperti apa. Jangan sampai kamu melewatkan kesempatan dalam mendapatkan customer akibat landing pagemu yang tidak jelas dan bertele-tele.

Bila landing pagemu hanya untuk produk atau jasa sederhana, kamu bisa menggunakan judul dan sub judul yang menonjol. Berikut beberapa hal yang perlu kamu ingat untuk menulis penawaran di landing page:

Penjelasan tentang produkmu bisa kamu selipkan dalam informasi utama maupun secara terpisah. Penjelasan harus berorientasi pada manfaat dan juga sebisa mungkin dapat memberikan solusi juga penjelasan harus bisa bersifat funsional saat pengunjung pertama kali membaca tentang produkmu.

Masing-masing elemen pada landing pagemu boleh tidak menjelaskan semua produk atau jasa yang kamy tawarkan tapi kamu memiliki opsi lain seperti testimony. Yang pasti, kamu harus bisa memastikan bahwa landing pagemu dapat dengan mudah dipahami oleh pengunjung. Gunakanlah gambar agar landing pagemu semakin jelas dan mudah untuk pengunjungmu pahami.

4. Profil dan Kontak

Tidak kalah penting yaitu profil dan kontak. Kedua hal tersebut dapat menciptakan kepercyaan pengujung kepada produkmu. Contohnya adalah lampirkanlah ijin edar dari BPOM jika produkmu berupa manakan, minuman, obat maupun kosmetik. Hal itu penting agar landing pagemu mendaptkan citra yang positif.

Gunakanlah juga kata-kata yang persuasive agar memudahkan pengujung untuk menghubungimu. Cantumkanlah nomer handphone, telepon. Alamat took  atau alamat produksi, email bahkan formulir kontak.

Atau kamu bisa menambahkan fitur watsapp dimana pengunjung dapat langsung menghubungimu melalui landing page dan dapat mengirimkan pesan secara langsung. Ingat, semakin mudah kamu membuat pengunjung menghubungimu maka, akan semakin banyak juga orderan yang akan masuk.

5. Jaminan atau Garansi

Jangan lupakan untuk memberikan penawaran berupa jaminan atau garansi karena pelanggan sangat menyukai garansi. Karena pelanggan akan lebih mempercayai produkmu. Gunakanlah jaminan dalam beberapa bentuk. Yang pasti berikanlah jaminan sesuai produk yang kamu tawarkan. Misalnya madu hutan jika tidak laku maka boleh di reture dan lain sebagainya.

Peletakan jaminan atau garansi lebih baik kamu letakkan dekat dengan CTA. Agar membuat pelanggan merasa nyaman dan aman sebelum memutuskan untuk membeli produk.

Dalam menuliskan garansi, sebaiknya gunakanlah ikon badge yang biasanya berbentuk perisai. Tujuannya adalah agar dapat memberikan keterangan secara visual kepada pelanggan bahwa bertransaksi denganmu sangat terpercaya.

6. Testimoni Pembeli/Customer

Testimoni dapat menampah kepercayaan pelanggan terhadap produkmu, maka lampirkanlah testimony bisa berupa screenshot foto chat yang menunjukkan kepuasan seseorang yang pernah bertransaksi dengan kamu. Karena bukan rahasia lagi, bahwa seseorang akan mudah untuk percaya setelah melihat pendapat customer yang pernah membeli/menggunakan jasa mu. Dengan menggunakan testimoni, ini lebih efektif untuk menggiring calon pelanggan membuat keputusan membeli.

7. CTA

Call to action yaitu kalimat persuasive atau kalimatajakan agar pengunjung membeli produkmu. CTA yang baik adalah kalimat yang memberikan penekanan mengapa sebaiknya pembaca melakukan pemesanan saat itu juga tanpa menunda.

Kamu juga bisa memberikan informasi kerugian apa yang akan mereka dapatkan jika tidak melakukan pemesanan saat itu. Tujuannya jelas, agar konversi dapat meningkat.

8. Kasih Penawaran Diskon

Baik sekali jika dalam landing pagemu kamu memberikan bonus berupa diskon atau potongan harga kepada 10 pembeli pertama. Dan bonus untuk yang membeli 3 produk. Dan bisa juga kamu memberikan gratis ongkir.

Itulah beberapa hal tentang tata cara membuat landing page yang dapat membuat landing pagemu lebih menarik. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *