Jawon Virtual Marketing | Jasa Kelola Website | Jasa SEO Website | Jasa Digital Marketing | Kelola Sosial Media | Buat Website Berkualitas | Oprimasi dan Kelola Wordpress

Manfaat Sosial Media Marketing

Manfaat Sosial Media Marketing Bagi Pemilik Bisnis

Manfaat sosial media marketing – Bayangkan, jika kamu hanya perlu menghabiskan sedikitnya 6 jam seminggu untuk meningkatkan pengakuan, lalu lintas, dan penjualan bisnis. Hanya dengan menggunakan media sosial kamu akan merasakan sedikitnya pengeluaran biaya.

Tapi bayangan tersebut benar sekali. Sebab sekitar 90% pemasar mengklaim bahwa  sosial media menghasilkan eksposur besar bagi perusahaan mereka, dan itu hanya salah satu dari banyak keuntungannya.

Jejaring sosial sekarang menjadi bagian penting dari setiap strategi pemasaran, dan manfaat menggunakan  sosial media begitu besar. Sehingga siapa pun yang tidak menerapkan sumber daya hemat biaya ini, akan terhindar dari kehilangan peluang marketing yang fenomenal.

Sangat mudah untuk melihat bahwa sosial media marketing adalah elemen kunci untuk sukses dalam marketing dan banyak pemasar/marketer menyadari potensi pertumbuhan bisnis menggunakan platform sosial media.

Namun, beberapa profesional ini tidak yakin taktik mana yang harus diterapkan dan apakah itu efektif. Menurut pakar Media Sosial, sekitar 96% pemasar saat ini berpartisipasi dalam sosial media marketing, tetapi 85% peserta tidak yakin alat mana yang terbaik untuk digunakan.

Dengan bantuan kami, kami akan mengurangi kebingungan dengan menjelaskan secara menyeluruh manfaat menggunakan sosial media marketing untuk memasarkan bisnis kamu.

Berikut Beberapa Manfaat Sosial Media Marketing 

1. Peningkatan Kesadaran Merek

Sosial media adalah salah satu metode pemasaran digital paling hemat biaya yang digunakan untuk mengindikasikan konten dan meningkatkan visibilitas bisnis kamu. Menerapkan strategi  sosial media akan sangat meningkatkan pengenalan  brand atau merek kamu karena kamu akan terlibat dengan khalayak konsumen yang luas.

Untuk memulai, buat profil  sosial  media untuk bisnis kamu dan mulailah berinteraksi dengan orang lain. Dapatkan karyawan, mitra bisnis, dan sponsor untuk “menyukai” dan “membagikan” halaman kamu. Cukup membuat orang berinteraksi dengan konten kamu akan meningkatkan kesadaran merek dan mulai membangun reputasi kamu sebagai bisnis.

Setiap posting yang dibagikan akan diperkenalkan ke jaringan individu baru, yang dapat mengarahkan mereka untuk menjadi pelanggan potensial, dan semakin banyak orang yang tahu tentang bisnis kamu, semakin baik.

Dengan berinvestasi hanya beberapa jam per minggu, lebih dari 91% pemasar mengklaim bahwa upaya pemasaran sosial mereka sangat meningkatkan eksposur mereka.

Tidak ada keraguan bahwa hanya dengan memiliki halaman media sosial, brand kamu akan mendapat manfaat, dan dengan penggunaan rutin dapat menghasilkan khalayak luas untuk bisnis kamu.

Baca Juga : Cara Memanfaatkan Media Sosial Dengan Bijak

2. Lebih Banyak Lalu Lintas Masuk

Tanpa memasarkan bisnis kamu di media sosial, lalu lintas masuk kamu terbatas pada pelanggan biasa kamu. Orang-orang yang akrab dengan merek kamu kemungkinan mencari kata kunci yang sama dengan yang sudah kamu ranking.

Tanpa memanfaatkan  sosial media  sebagai bagian dari strategi pemasaran kamu.  Kamu akan lebih sulit menjangkau siapapun di luar lingkaran pelanggan setia. Setiap profil  sosial media yang kamu tambahkan ke bauran pemasaran kamu adalah pintu gerbang ke situs web kamu, dan setiap konten yang kamu posting adalah peluang lain untuk mendapatkan pelanggan baru.

Media sosial adalah tempat berkumpulnya berbagai jenis orang dengan latar belakang dan perilaku yang berbeda-beda. Dengan orang yang berbeda datang kebutuhan yang berbeda dan cara berpikir yang berbeda.  Mengindikasikan konten kamu di sebanyak mungkin platform memungkinkan orang-orang ini menjangkau bisnis kamu secara organik.

Misalnya, mungkin seseorang dalam demografi konsumen yang lebih tua akan mencari situs web kamu menggunakan kata kunci tertentu di Facebook. Tetapi seorang milenial dapat memulai pencarian mereka dengan menggunakan platform media sosial yang sama sekali berbeda. Karena mereka mencari produk yang sama sekali berbeda.

Dengan pemasaran di sosial media, kamu dapat secara efektif membuka bisnis kamu  ke lebih banyak konsumen  di seluruh dunia.

3. Tingkat Konversi Lebih Tinggi

Dengan peningkatan visibilitas, bisnis kamu memperoleh lebih banyak peluang untuk konversi. Setiap posting blog, gambar, video, atau komentar dapat mengarahkan pelanggan ke situs web perusahaan kamu dan meningkatkan lalu lintas. Sosial media marketing memungkinkan bisnis kamu memberikan kesan positif melalui faktor humanisasi.

Ketika brand atau merek interaktif dengan berbagi konten, berkomentar, dan memposting status di sosial media, itu melambangkan merek. Orang lebih suka melakukan bisnis dengan orang lain, daripada perusahaan. Lebih dari 51% pemasar mengklaim bahwa meluangkan waktu untuk mengembangkan hubungan dengan konsumen menunjukkan hasil yang positif dalam penjualan.

Semakin baik kesan yang kamu buat pada pengunjung, semakin besar kemungkinan mereka memikirkan bisnis kamu. Apalagi ketika kebutuhan akan produk atau layanan kamu muncul. Penelitian juga menunjukkan bahwa sosial media memiliki tingkat lead-to-close 100% lebih tinggi daripada pemasaran keluar. Ketika sebuah brand atau  merek bersifat online interaktif, konsumen yang mengikuti akun merek kamu sering kali mulai lebih percaya sepenuhnya pada kredibilitas bisnis kamu.

Orang-orang menggunakan platform sosial media untuk tetap terhubung dengan teman, keluarga, dan komunitas mereka. Karena orang sudah berbicara, mengapa tidak memasukkan merek kamu ke dalam campuran? Kemungkinan besar, mereka akan menyebutkan merk kamu ke teman saat produk atau layanan kamu bagus. Yang secara keseluruhan memberikan bukti sosial tentang kualitasnya kepada bisnis kamu.

Seperti dilansir Social Media Examiner, sekitar 66% pemasar melihat manfaat lead generation dengan menggunakan platform sosial media setidaknya 6 jam per minggu. Menempatkan merek kamu dalam suasana di mana orang-orang berbagi, menyukai, dan berbicara, hanya dapat meningkatkan tingkat konversi pada lalu lintas kamu yang ada.

4. Kepuasan Pelanggan yang Lebih Baik

Sosial media adalah platform jaringan dan komunikasi. Menciptakan suara untuk perusahaan kamu melalui platform ini penting dalam memanusiakan perusahaan kamu.

Pelanggan senang mengetahui bahwa ketika mereka memposting komentar di halaman kamu, mereka akan menerima tanggapan yang dipersonalisasi daripada pesan otomatis. Mampu mengakui setiap komentar menunjukkan bahwa kamu memperhatikan kebutuhan pengunjung kamu dan bertujuan untuk memberikan pengalaman terbaik.

Setiap interaksi pelanggan di akun sosial media bisnis kamu  adalah kesempatan untuk menunjukkan secara terbuka belas kasih kamu kepada pelanggan kamu. Apakah seseorang memiliki pertanyaan atau keluhan, sosial media memungkinkan kamu untuk mengatasi masalah tersebut menggunakan dialog antarpribadi.

Sebuah merek yang bertujuan untuk kepuasan pelanggan yang meluangkan waktu untuk menulis pesan pribadi secara inheren akan memberikan energi secara positif. Bahkan jika kamu lagi menanggapi keluhan pelanggan.

Nah, itu adalah beberapa manfaat sosial media marketing bagi sebuah bisnis.

Salam sukses!

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *