Jawon Virtual Marketing | Jasa Kelola Website | Jasa SEO Website | Jasa Digital Marketing | Kelola Sosial Media | Buat Website Berkualitas | Oprimasi dan Kelola Wordpress

Cara Memanfaatkan Media Sosial

Cara Memanfaatkan Media Sosial Dengan Bijak

Cara memanfaatkan media sosial – Dengan dunia digital yang berkembang dan semakin canggih sekarang, hampir seperempat negara menggunakan media sosial. Siapa berhak memposting apapun yang mereka mau di media sosial.

Entah yang diposting itu positif maupun negatif, karena itu adalah hak setiap pengguna media sosial. Sebelum membahas jauh,  apa sih sebenarnya media sosial itu? Mari kita lihat definisinya sama-sama.

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.

Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Ada orang yang menggunakan media sosial dengan cerdas, tetapi ada juga yang menggunakannya dengan tidak cerdas.

Nah, di artikel ini kamu akan belajar cara cerdas memanfaatkan media sosial dari Jawon Virtual Marketing. Simak dengan seksama ya, biar kamu menggunakan media sosial dengan cerdas.

 Trik Memanfaatkan Media Sosial Dengan Bijak

1. Untuk Menjalin Relasi

Menjalin relasi melalui media sosial tidak selalu buruk loh. Melalui media sosial kamu bisa berkenalan dengan banyak kalangan orang. Kamu bisa berkenalan dengan publik figur, orang-orang yang mungkin ketertarikan atau hobinya sama dengan kamu.

Kalau kamu sering menjalin relasi melalui media sosial dengan banyak orang, pastikan kamu berkenalan dengan orang-orang yang membawa dampak positif dan membawa dampak positif bagi kehidupanmu.

Bahkan, kamu juga bisa menjalin relasi kembali dengan teman kecil, atau bahkan teman sekolahmu dulu.  Media sosial bukan hanya tempat bucin saja,hehe. Kamu bisa menggunakan media sosial sebagai peluang usaha juga.

Banyak sekali peluang bisnis yang dapat dimanfaatkan jika menggunakan media sosial dengan cara cerdas dan tepat.

2. Mengabadikan Momen-Momen Berharga Dalam Hidup

Sebagai pengguna media sosial yang cerdas, pasti kamu tidak memanfaatkan media sosial hanya untuk pameran. Lebih dari pada itu, ada keinginan mengabadikan momen-momen berharga dalam hidupmu yang akan dikenang di masa depan.

Hal ini membuat generasi sekarang selalu mengedit dan mengunggah konten yang menarik agar setiap momen berharganya terlihat sempurna di media sosial.  Tujuan dari mengunggah konten yang menarik bukan untuk menyombongkan diri, tetapi untuk membuat rekam jejak pribadi tidak terlupakan.

Konten media sosial pribadimu bisa menjadi kisah cerita yang menarik untuk anak dan cucumu nanti, terutama soal kisah cintamu semasa muda. Ciyee.

3. Mendapatkan  Inspirasi Baru

Inspirasi bisa datang dari mana saja, termasuk dari media sosial. Generasi sekarang memang paling cerdas dalam hal mencari inspirasi.  Kamu bisa mendapatkan berbagai inspirasi dari sosial media.  Kamu bisa dapat inspirasi desain, dekor, resep makanan, hingga ide bisnis.

Dari pada mager dan bengong, mendingan cari inspirasi melalui media sosial saat waktu senggang. Jika kamu dapat akun media sosial yang menginspirasi, kamu bisa mengikuti atau subscribe biar tidak ketinggalan unggahan terbarunya sesuai kebutuhanmu

4. Mempromosikan Bisnis/Usaha

Gunakanlah media sosial sebagai tempat promosikan bisnis dan mencari uang. Sekarang tidak terkecuali, bisnis online maupun offline mempromosikan bisnis melalui media sosial.

Kamu bisa mempromosikan bisnis kamu dengan maksimal dan dengan media sosial yang tepat seperti, YouTube, Instagram dan  Facebook.  Semakin banyak pengikut kamu di akun media sosialmu, semakin banyak pula pelanggan yang berdatangan.

Kamu juga dapat membangun personal branding kamu melalui media sosial, dengan perencanaan bisnis yang terperinci dan terencana, supaya bisnis kamu mempunyai keunikan tersendiri. Sehingga, kamu dapat menahan pelanggan kamu tetap di bisnis kamu dan  beralih dari pesaing kamu.

5. Mendapat Informasi Terbaru dan Valid

Anak-anak generasi sekarang selalu memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan informasi ter Up to Date atau terbaru secara real time.  Sebagai generasi yang cerdas, carilah  sumber informasi yang valid dan bisa dipercaya.

Kalau kamu ingin mendapatkan informasi terkini dan valid, ikutilah akun-akun berita yang sebenarnya yang memang dapat dipercaya. Karena sekarang juga, banyak loh akun-akun yang menyebarkan berita hoax.

Kamu harus pintar memilah informasi, jangan langsung percaya apa yang kamu banyak atau lihat, kecuali dari sumber yang terpercaya.  Kamu harus proaktif untuk memerangi hoax di kalangan teman-temanmu atau bahkan dalam keluargamu.

Supaya berita hoax itu tidak menyebar dan membawa dampak negatif di lingkungan sekitarmu. Jadi, kamu harus aktif dan jangan biarkan berita hoax menyebar di lingkungan sekitarmu.

Etika Ketika Menggunakan Media Sosial

1. Perhatikan Cara Berkomunikasi

Pasti kamu sudah tahu lah ya, bahaya ketika ada seseorang yang memberikan komentar pedas, hingga sampai menyinggung perasaan. Dan akhirnya berujung baku hantam, sampai ke sebuah pengadilan, karena ada salah satu pihak yang tidak terima.

Dari kasus-kasus inilah kamu bisa belajar bahwa etika menggunakan media sosial yang pertama adalah menjaga cara berkomunikasi. Berkomentar boleh saja, tapi gunakan bahasa yang tepat dan jangan sampai menyinggung perasaan orang lain yang menyebabkan sakit hati.

2. Hindari Konten Negatif

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, konten-konten yang ada di media sosial saat ini banyak adegan syur, yang kadang kurang pantas apabila sampai muncul di explore akun media sosial anak di bawah umur.

Untuk menanggulangi ini, kamu wajib tahu tentang algoritma media sosial. Agar konten-konten yang muncul di explorer tidak ada konten negatif yang dapat berdampak buruk pikiran seseorang.

3. Saring Semua Berita

Sama halnya dengan konten negatif, saat ini juga banyak orang yang menyebarkan berita hoaks demi mendapatkan sebuah ketenaran. Nah kamu sebagai audience juga harus berhati-hati ketika menemukan berita yang seperti ini. Cari lah sumber terpercaya terlebih dahulu, jangan sampai salah mengambil keputusan dan ikut terbawa emosi.

4. Hargai Konten Positif

Cara terbaik untuk menghargai konten positif adalah dengan cara memberikan like, komen dan share. Agar admin tambah semangat memproduksi konten positif yang bermanfaat untuk pengguna media sosial. Sehingga konten-konten positif ini tidak tenggelam dengan konten negatif yang makin hari makin banyak saja.

5. Gunakan Media Sosial Sebagai Media Informasi dan Hiburan Saja

Jangan sampai kamu menggunakan media sosial untuk mengumbar masalah pribadi kamu. Sebab ketika ini terjadi, akan memancing seseorang untuk melakukan aksi kejahatan. Jadi gunakan media sosial untuk hiburan, mencari informasi dan mencari uang.

Kesimpulan

Nah, itu adalah beberapa cara cerdas memanfaatkan media sosial yang dapat kamu lakukan. Yuk, tinggalkan kebiasaan lama kamu menggunakan media sosial dengan tidak cerdas, dan ubahlah kebiasaanmu dan jadilah generasi yang cerdas meningkatkan produktivitas dan kualitas dirimu melalui media sosial.

Mari bagikan pengalamanmu menggunakan media sosial dengan cerdas di kolom komentar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *