Jawon Virtual Marketing | Jasa Kelola Website | Jasa SEO Website | Jasa Digital Marketing | Kelola Sosial Media | Buat Website Berkualitas | Oprimasi dan Kelola Wordpress

Optimasi review google maps

Optimasi Review Google Maps Yang Benar

Optimasi review google maps – Optimasi di Facebook, Instagram, Tiktok, Website mungkin sudah biasa kamu lakukan. Tetapi mungkin hanya belum mendapatkan hasil sesuai target saja. Baiklah mungkin itu saatnya kamu harus memulai optimasi Google Maps bisnis kamu sendiri. Ada beberapa alasan kenapa para pembisnis harus segera mengoptimasi atau membuat alamat bisnis di Google My business.

Alasan yang pertama adalah dengan membuat atau optimasi bisnis kamu di dalam Google Maps dengan cara mendaftarkanya di Google My Busines, maka kamu sudah memberikan jalan ke calon pembeli supaya dapat dengan mudah menemukan alamat bisnis kamu. Lalu alasan ke dua jika Google My bisnis-mu dioptimasi dengan benar, maka algoritma Google akan menilai dan melihat bahwa toko kamu menarik dan layak untuk di tampilkan ke pelanggan yang sedang search di halaman Google.

Uniknya, di dalam Google Maps ini kamu tidak hanya memberikan alamat toko kamu. Melainkan kamu juga bisa menambah foto, deskripsi produk, jam pelayanan dan juga review Google Maps. Nah, di bagian review inilah para pengusaha kebingungan bagaimana cara mendapatkan ulasan di Google Maps dengan cepat. Dengan tujuan supaya konsmen yang melihat akun Google My Business tersebut dapat percaya. Karena ada beberapa ulasan positif dan berniat untuk berkunjung dan membeli barang yang kamu jual. Lalu bagaiamana strategi pemasaran dengan optimaslisasi Google Maps? Berikut beberapa caranya ampuhnya gaes.

Cara Optimasi Review Google Maps Dengan Google My Business

1. Optimasi Isi Profil Bisnis Kamu Di Google My Business

Kamu tahu kan betapa pentingnya sebuah informasi? Oleh karena itu kamu juga wajib untuk menuliskan infromasi penting dalam akun Google My Busines. Seperti, nomor telephone, alamat, nama bisnis, jam pelayanan dan kategori bisnis apa yang sedang kamu kembangkan saat ini.

Kemudian kesalahan yang sering terjadi ketika menggunakan GMB (Google My Business) di tengah masyarakat adalah pelaku lupa untuk mencantumkan jam 0perasional atau pelayanan. Lantas apa akibatnya? Yaa,, mungkin calon pelanggan-mu akan kecewa dong. Karena secara kebetulan konsumen yang datang pada hari dimana toko kamu tutup dan pelanggan tersebut sudah sampai di depan bisnis kamu. Yang seharuskan kamu mendapatkan beberapa cuan di hari tersebut, malah tidak jadi. Karena lupa memberikan informasi jam pelayanan toko.

Lalu kesalahan berikutnya adalah lupa memberikan kategori bisnis di dalam profil. Fungsinya apa sih mencantumkan kategori ini? Fungsinya adalah membantu Google menemukan bisnis apa yang sedang kamu geluti (makanan misal). Jadi ketika seseorang sedang lapar dan mencari warung makan terdekat mereka, Google akan memberikan beberapa rekomendasi alamat warung makan di daerah tersebut. Bagaimana, sudah mulai paham kan, lanjut ke point ke dua kalau gitu.

2. Posting Gambar Produk yang Berkualitas Di Google Maps

Setelah kamu melakukan optimasi di bagian profil bisnis kamu, langkah ke dua adalah posting gambar produk yang berkulitas dan relevan. Sebagai pemelik bisnis profesional kamu setidaknya juga memikirkan kaulitas foto-foto yang ingin kamu tampilkan ke calon pembeli.

“Belum punya kamera, gimana dong?”

Brooo, sekarang hanphone sudah memiliki kualitas foto yang keren kok, kenapa bingung. Tinggal bagaimana cara atau teknik kamu dalam mengambil gambar yang baik dengan menggunakan HP. Silahkan mencoba sendiri di rumah.He he he. Cari-cari tips di youtube atau artikel.

“Mengapa kualitas foto sangat penting untuk calon pelanggan?”

Gini,, sekarang sudah jamanya serba online. Konsumen lebih suka mencari barang-barang yang mereka inginkan lewat internet. Ketika konsumen tertarik dengan salah satu produk, maka konsumen tersebut akan mencari informasi secara detail dari foto yang posting.

Sama halnya dengan konsumen yang datang langsung ke toko kamu lalu memegang atau memilih produk. Pelanggan pasti membolak-balik barang tersebut sampai benar yakin bahwa barang tersebut bagus. Paham kan?? Jadi dengan cara posting gambar yang berkualitas (bening tidak buram) maka kamu sudah memberikan informasi dan ciri-ciri produk dengan jelas ke pembeli.

3. Membalas Setiap Ulasan Yang Masuk

Apakah kamu belum pernah melakukan cara yang ketiga ini? Atau sama sekali belum pernah?? Parah sih jika belum pernah sama sekali, hhe.

Sedikit cerita nih dari pengalaman saya saat bekerja di Jasa Review Google Maps. Pada saat itu ada klien yang menggunakan jasa kami, untuk mendapatkan ulasan positif dengan cepat. Nah, setelah  akun GMB tersebut sudah mendapatkan ulasan sesuai keinginan hampir 50-an. Team dari klien tersebut lupa untuk membalas ulasan positif yang sudah masuk. Padahal pihak jasa sudah memberitahu untuk segara menanggapi ulasan tersebut. Supaya ulasan tidak hilang.

Membalas ulasan dari pelanggan juga akan membangung sebuah interaksi. Apalagi membalas ulasan positif, itu harusnya menjadi sebuah kesempatan bagi kamu untuk membalas ulasan tersebut dan menjadikanya sebagai pelanggan tetap.

Lalu bagaimana dengan membalas ulasan negatif?

Cara yang paling benar adalah kamu wajib membalas ulasan tersebut, jangan pilih-pilih. Justru dengan membalas ulasan negatif ini kamu dapat mengtahui apa kekurangan dari bisnis yang kamu jelani selama ini. Sehingga mereka bisa memberikan review negatif. Ini juga akan memberikan kesan tanggung jawab terhadapat pelanggan. Sehingga ketika calon konsumen melihat ulasan negatif ini, mereka tidak begitu menghiraukan ulasan tersebut karena kamu sudah membalas review tersebut.

4. Kasih Pelayanan Terbaik

Keunggulan lain dari Google My Busines ini adalah kamu bisa menambahkan beberapa jenis pelayanan dan penawaran kamu. Fitur ini bisa digunakan untuk bidang makanan, kecanatikan, jasaa dan yang lainya. Kamu juga harus tahu nih mafaat menggunakan Google My Business.

Cara memberikan pelayanan terbaik lewat Google Maps juga bisa dengan cara selalu menanggapi setiap chat yang masuk atau membalas ulasan, seperti yang sudah di jelaskan di atas.

Sampai disini dulu pembahasan tentang Google Maps kali ini. Kesimpulannya adalah apabila optimasi review Google maps kamu benar, sesuai kaidahnya. Maka imbasnya usaha kamu akan sangat mudah untuk dikenal oleh masyarakat secara luas. Tidak perlu menggunakan iklan berbayar atau yang lainya, yang memerluakan cuan tambahan yang cukup tinggi. Tinggal pikirkan bagaimana cara mendapatkan ulasan review positif. Maka bisnis kamu akn mudah di kenal dan di kunjungi banyak pelanggan.

Selamat mencoba…….

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *