Jawon Virtual Marketing | Jasa Kelola Website | Jasa SEO Website | Jasa Digital Marketing | Kelola Sosial Media | Buat Website Berkualitas | Oprimasi dan Kelola Wordpress

Penyebab pelanggan memberikan review negatif

Penyebab Pelanggan Memberikan Review Negatif di Google Maps

Penyebab pelanggan memberikan review negatif – Sebagai pebisnis, bagaimana perasaan kamu ketika mendapat ulasan atau review negatif dari pelanggan? Apakah kamu akan berkecil hati, atau menjadikannya sebagai pembelajaran supaya bisnis kamu bisa menjadi lebih baik?

Mendapatkan ulasan atau review negatif di media sosial dan Google Maps merupakan suatau hal yang lumrah dan semua pembisnis pasti pernah mengalami. Jadi, kamu tak perlu khawatir. Review negatif itu sangat wajar terjadi kok. Namun apabila ini dibiarkan terus-menerus, review negatif yang ada di Google Maps dapat berpengaruh buruk pada bisnis kamu.

Sebab ketika banyak orang membaca ulasan negatif, kemudian ramai menjadi perbincangan di media sosial, maka kredibilitas bisnismu akan terancam atau bahkan mungkin menurun. Dan apabila hal ini terjadi, calon konsumen lain akan ragu ketika ingin membeli produk atau menggunakan layanan yang kamu sediakan.

Saat mendapat review negatif, mungkin sebagian pebisnis akan langsung menghapusnya. Tapi hal ini sebaiknya jangan kamu lakukan ya. Alih-alih memperbaiki image bisnismu, tapi malah akan memperburuk image yang sudah buruk. Tindakan ini menunjukkan bahwa kamu tidak profesional sebagai pebisnis. Agar bisnis kamu tidak mendapatkan review negatif secara-terus menerus, maka kamu perlu tau mengapa pelanggan memberikan review negatif.

Nah, berikut adalah beberapa penyebab pelanggan memberikan review negatif di Google Maps yang kami rangkum khusus untukmu.

1. Pelayanan Kurang Memuaskan

Salah satu penyebab pelanggan memberikan review negatif di Google Maps pada bisnis kamu, entah itu bisnis penjualan barang atau penyediaan jasa, adalah pelayanan yang kamu berikan kurang memuaskan. Untuk memahami hal ini, coba kamu memposisikan diri kamu sebagai pelanggan. Dan apa yang akan kamu rasakan (sebagai pelanggan) jika mendapat pelayanan buruk?

Sebagai pelanggan, jika seorang pelaku bisnis memberikan pelayanan yang kurang menyenangkan maka bisa membuatnya merasa kecewa. Mungkin mereka tidak akan mengungkapkan kekecewaanya secara langsung. Namun mereka bisa saja memberikan review negatif bagi bisnismu di Google Maps. Jadi berikan pelayanan yang sebaik-baiknya atau istilahnya excellent service untuk pelangganmu karena mereka adalah penentu jayanya bisnis kamu. Ingin meningkatkan penjualan online? Lakukan cara ini juga.

Lalu pelayanan seperti apa yang bisa mengecewakan pelanggan?

  • Bersikap acuh terhadap pelanggan yang datang

Kesalahan dalam melayani pelanggan yang pertama adalah sikap acuh atau cuek petugas pada pelanggan yang datang. Perlakuan seperti ini membuat pelanggan merasa bahwa petugas atau pelayan tidak mengahargainya dan akhirnya merasa kecewa. Sebagai pelaku usaha, kamu wajib memberikan sambutan hangat kepada pelanggan sebelum memenuhi kebutuhan yang mereka cari.

  • Pelayanan terlalu lama

Memberikan pelayanan terlalu lama merupakan hal yang cukup sering terjadi atau mungkin juga pernah kamu lakukan. Padahal tentu saja pelanggan tidak akan menyukainya. Bahkan banyak pelanggan yang memutuskan untuk meninggalkan tempatmu karena mereka tidak sabar atau tidak punya banyak waktu untuk menunggu.

Ini dapat menjadi salah satu penyebab pelanggan memberikan review negatif di Google Maps. Sebaiknya, usahakan untuk memberikan pelayanan dengan cepat dan tepat kepada pelanggan agar mereka merasa puas dan mau datang ke tempat kamu lagi.

  • Melupakan ucapan terima kasih

Ucapan terima kasih merupakan ucapan sederhana yang bisa menimbulkan penilaian positif dari pelanggan dan membuat mereka merasa dihargai. Jadi, mulai sekarang jangan lupa untuk selalu mengucapkan terima kasih kepada pelanggan yang telah datang ke tempatmu ya.

Itulah beberapa contoh pelayanan yang bisa membuat pelanggan merasa kecewa dan akhirnya memberikan review negatif.

2. Kualitas Barang yang Buruk

Nah, jika pelayananmu kepada pelanggan sudah membuat mereka puas, maka kamu perlu memperhatikan kualitas dari barang yang kamu tawarkan. Karena kualitas barang juga dapat mempengaruhi review pelanggan. Kualitas barang yang kurang baik tentu bisa memicu adanya review negatif dari pelanggan. Sayang banget kan kalau pelayananmu sudah bagus tapi barang yang kamu tawarkan berkualitas buruk.

Ketika pelanggan membeli barang di tempatmu dan ternyata barang tersebut tidak sesuai ekspektasi, tentu akan membuat pelanggan kecewa dan enggan untuk membeli produk di tempatmu lagi. Contoh kualitas barang yang buruk misalnya adalah barang sudah rusak padahal baru dipakai beberapa hari saja.

Di sinilah pentingnya quality control pada setiap barang. Tentunya setiap toko memiliki standar tersendiri untuk produknya. Karena itu lakukan quality control dengan ketat dan pastikan kamu sendiri puas saat menggunakan produkmu. Hindari menjual produk yang tidak sesuai standar.

Jika kamu masih mengambil barang dari supplier atau distributor, lakukan review secara berkala. Meskipun barangnya dari supplier, tetapi kualitasnya tetap akan mempengaruhi branding tokomu. Karena pelanggan membeli barang dari tokomu, bukan dari supplier-mu. Jadi jangan ragu untuk mencari lebih dari satu supplier dan membandingkan keduanya. Dan tentu saja pertahankan supplier yang punya produk dengan kualitas bagus.

3. Slow Respon Membalas Pesan Pelanggan

Saat ini banyak pelaku bisnis yang memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk bertanya tentang barang atau jasa yang mereka tawarkan melalui media online. Jika kamu juga menyediakan layanan ini, maka kamu harus siap untuk menjawab atau membalas pesan mereka secepat mungkin.

Kecepatan dalam memberikan respon sangat penting dalam menangani pelanggan. Kamu sendiri tentu akan kesal ketika menghadapi customer service yang slow respon, hal ini pula yang akan pelangganmu rasakan. Lama membalas pesan akan sangat berbahaya bagi bisnismu. Kamu juga harus perhati-hati ketika membalas review negatif. Karena ada beberapa tips menghadapi review negatif.

Apa yang akan calon pelanggan lakukan jika kamu slow respon dalam membalas pesan? Apakah menurutmu mereka akan menunggu? Kami rasa tidak. Mereka akan lebih memilih untuk mencari barang atau jasa pada orang atau pelaku bisnis lain. Selain itu parahnya lagi mereka juga mungkin akan meninggalkan jejak dengan memberikan review negatif di Google Maps bagi bisnismu.

Demikian pembahasan mengenai penyebab pelanggan memberikan review negatif di Google Maps yang mungkin secara tidak sadar kamu lakukan. Setelah mengetahuinya, sebaiknya jangan kamu lakukan lagi ya, agar banyak pelanggan yang datang dan bisnismu semakin sukses.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *