Jawon Virtual Marketing | Jasa Kelola Website | Jasa SEO Website | Jasa Digital Marketing | Kelola Sosial Media | Buat Website Berkualitas | Oprimasi dan Kelola Wordpress

Ingin Meningkatkan Penjualan Online

Ingin Meningkatkan Penjualan Online? Lakukan Cara Ini

Ingin meningkatkan penjualan Online? lakukan cara ini sebagai langkah mencapai tujuan itu. Ada beberapa langkah yang musti diperhatikan dan dilakukan dengan baik untuk mencapai penjualan yang baik dan maksimal. Meski langkah ini adalah sesuatu yang dasar, tetapi memiliki fungsi yang sangat penting dalam jalannya bisnis kamu.

Bukan sesuatu yang berlebihan jika setiap pebisnis ingin penjulannya memiliki progres yang bergerak naik. Karena dengan penjulan yang bergerak naik akan berpengaruh terhadap banyak aspek, misalnya meningkatkan kesejahteraan karyawan, menambah atau meng-update aset yang dimiliki, bahkan bisa saja untuk menambah SDM agar pelayanan dan produktifitas juga semakin meningkat.

Tetapi yang harus di pahami bersama adalah aspek-aspek apa saja yang berjalan beriringan dengan meningkatnya penjualan? Jika keinginan untuk meningkatkan penjualan tinggi tetapi tanpa ada strategi atau trik khusus yang di lakukan sama saja itu hanya jadi mimpi belaka.

Ini adalah beberapa cara khusus yang harus dilakukan dan dipahami jika kamu ingin meningkatkan penjualan dengan baik.

Cara Meningkatkan Penjualan Online

1. Fokus Pada Kualitas Produk

Cara untuk meningkatkan penjuaan yang pertama adalah dengan fokus pada kualitas produk yang kita jual. Kualitas produk adalah aspek utama yang harus diperhatikan oleh setiap pelaku usaha. Apalagi kamu memiliki keinginan untuk meningkatkan penjualan di tengah sengitnya persaingan bahkan situasi ekonomi yang belum stabil. Memahami suatu produk yang baik dan kita memahami betul bukanlah sesuatu yang mudah.

Menurut Otler dan Armstrong, memahami kualitas suatu produk artinya adalah kita memahami fungsi dari produk tersebut. Pemahaman ini kompleks karena berpengaruh terhadap memahami durabilitas, reliabilitas, kemudahan pengoprasian, ketepatan, reparasi produk, dan aspek lainnya. Pemahaman kamu terhadap produk untuk konsumen akan memudahkan kamu dalam menggiring calon konsumen untuk membelinya.

2. Bahagiakan Pelanggan

Bahagiakan pelanggan jika ingin meningkatkan penjualan bisnis kamu. Cara ini akan sangat efektif dalam peningkatan penjualan. Kepuasan pelanggan menjadi indikator penting yang harus diperhatikan dalam usaha meningkatkan penjualan. Tanpa pelanggan pelaku bisnis tidak akan mendapatkan keuntungan.

Sebuah study di Mareika pada tahun 2016 menyatakan bahwa pelayanan yang buruk berdampak pada menurunnya keuntungan sebesar USD83 miliar. Sebanyak 86% konsumen bahkan rela membayar lebih untuk mendapatkan pelayanan yang jauh lebih baik. Karena data lain menyebutkan bahwa kebahagiaan pelanggan akan meningkatkan keuntungan dari penjualan sebanyak 25% hingga 95%.

Ini adalah beberapa cara untuk membahagiakan pelanggan kamu:

  1. Tanyakan kepada pelanggan mengenai kinerja bisnis kita
  2. Sediakan SDM yang bermanfaat bagi pelanggan kita
  3. Cari tahu secara personal dan lebih dalam tentang pelanggan bisnis kita
  4. Jangan janjikan sesuatu yang tidak dapat kita penuhi terhadap pelanggan
  5. Ijinkan pelanggan tahu tentang perubahan besar yang sedang atau sudah kita lakukan dalam bisnis
  6. Mengakui kesalahan dan meminta maaf, setelah itu segera perbaiki
  7. Membuat ucapan selamat atau notes secara tertulis untuk pelanggan
  8. Ajukan pertanyaan pada pelanggan tentang kebutuhan produk yang mereka butuhkan
  9. Katakan dan ceritakan pada pelanggan jika kita sudah menjalankan saran yang mereka berikan
  10. Memberikan Promos atau Diskon

Cara berikutnya untuk menginkatkan penjualanmu adalah dengan memberikan promo atau diskon. Beberapa ahli menyebut ini adalah strategi strategi ofensif untuk menarik perhatian pelanggan. Menjerat pelanggan dengan cara memberikan diskon atau promo yang menarik dan menguntungkan bisa menjadi pilihan. Selain itu kamu juga bisa melakukan trobosan baru dengan cara menerangkan fasilitas serta pelayanan yang lebih baru dari yang sebelumnya untuk menarik minat konsumen untuk mencoba produk kamu.

Strategi ofensif atau meberikan diskon atau promo ini memang sedikit banyak akan menggunakan biaya untuk mendorong promosi, advertisement, iklan yang strategis dan efisien. Tetapi selain itu kamu juga bisa memanfaatkan sosial media kamu sebagai strategi mengurangi pengeluaran perusahaan. Kamu bisa saja memberikan promo atau diskon bahkan hadiah pada followers kamu. Biasanya banyak pelaku sudah membuat paket bundling. Margin profit akan kecil tetapi pengeluaran item prodak semakin banyak.

3. Menambah Jumlah Pesanan

Menambah jumlah pesanan atau dalam istilah marketing adalah upselling adalah  cara yang cukup efektif untuk meningkatkan penjualan kamu. Upselling sendiri adalah metode menjual barang lebih bayak kepada pelanggan yang sudah memiliki niat untuk membeli produk kamu. Karena calon pelanggan tersebut sudah berada dalam posisi dan pola pikir untuk membeli. Sehingga kamu bisa menawarkan mereka penawaran agar mau membeli produk dengan jumlah yang lebih banyak.

Tetapi metode upselling ini membutuhkan skill khusus agar tidak mengganggu kenyamanan pelanggan kamu. Lakukan penawaran upselling dengan ramah dan persuasif, dan tidak ada kesan memaksa. Metode ini, selain dapat meningkatkan penjualan juga bisa membantu kamu mengetahui minat yang para pembeli. Dengan ini kamu bisa mengatur strategi berikutnya untuk penjualan produk bisnis kamu.

4. Atur Strategi Penjualan dengan Bijak

Untuk meningkatkan penjualan, cara yang berikutnya adalah dengan bijak mengatur strategi penjualan. Sebagai pemilik usaha kamu harus jeli dan memahami cara mengatur strategi untuk membantu meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, laporan atau data penjualan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan dan dicatat dengan rapi,

Dengan memiliki data yang valid dari penjualan produk kamu, akan memudahkan untuk memetakan kelebihan dan kekurangan produk dan pelayanan yang sudah ada. Dari sini kamu bisa menentukan strategi selanjutnya yang lebih mantab.

Jadi ini adalah cara untuk Ingin meningkatkan penjualan Online dari Jawon Virtual Marketing. Mungkin terlihat sederhana dan sangat mendasar, tetapi nyatanya hal ini memiliki pengaruh yang besar dalam meningkatkan omzet bisnis kamu. Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *