Jawon Virtual Marketing | Jasa Kelola Website | Jasa SEO Website | Jasa Digital Marketing | Kelola Sosial Media | Buat Website Berkualitas | Oprimasi dan Kelola Wordpress

Tips menghadapi review negatif

Tips Menghadapi Review Negatif Google Maps

Tips menghadapi review negatif – Di dalam dunia bisnis, mendapat komplain dan review negatif merupakan suatu hal yang wajar dan sudah banyak terjadi. Justru akan menjadi hal yang tidak wajar jika kamu tidak mau menanggapi reveiw negatif/positif komplain tersebut. Sebab ketika kamu tidak merespon review negatif maka yang akan terjadi adalah akan ada dua kemungkinan. Yang pertama, nama brand atau produk akan hancur di mata para pembeli karena terkenal tidak profesional. Dan yang ke dua, omset penjualan kamu otomatis akan menurun.

Masa iya sih, sampai segitunya ?

Sekarang bayangkan saja, masyrakat Indonesia di era digital saat ini semakin bar-bar dan berbahaya. Berbahanya seperti apa??? Contoh saja, ada seorang artis yang telah melakukan perbuatan mesum di sebuah hotel, dan aksi tersebut terekam cctv. Karena masyarakatnya yang bar-bar, vidio tersebut dengan mudahnya menyebar luas di dunia maya. Tetapi setelah itu artis tersebut melakukan klarifikasi (kemudian kasus selesai).

Kasus ini sama halnya apabila kamu melakukan kesalahan saat melayani para pembeli, kemudian pembeli tersebut tidak puas dengan produk dan layanan toko. Maka yang akan terjadi adalah pembeli tersebut akan memberikan review negatif di Google Maps. Setelah itu menyebar luaskan masalah tersebut ke dunia maya, supaya bisnis kamu hancur di mata masyarakat. Dan kira-kira, apabila itu terjadi, Apa yang akan anda lakukan? (semoga jangan ini hanya sebuah bayangan aja,aamin). Langkah yang paling tepat untuk meluruskan masalah seperti ini adalah dengan cara menanggapi review negatif tersebut (klarifikasi). Oleh Karena itu berikut adalah cara mengatasi review negatif.

Cara Mengatasi Review Negatif dari Pelanggan

1. Berikan Respon Cepat Untuk Review Negatif

Jangan hanya pacar kamu aja yang diberikan respon cepat, pembeli kamu juga perlu. Apalagi pembeli tersebut memberikan ulasan negatif, yang dapat membahayakan cuan yang masuk ke kantong. Cara untuk menanggapi review ngegatif paling tepat adalah dengan mengakui kesalahan, jangan menuduh, tidak membela diri dan tidak berkata kotor. Setelah itu kamu jangan lupa untuk tetap mengucapkan terimkasih karena sudah memberikan ulasan.

Dalam menanggapi ulasan buruk ini kamu tidak perlu memprivasi chat, balas saja ulasan tersebut di dalam kolom review. Alasan tidak perlu di sembunyikan, karena kasus ini justru akan memberikan bukti ke pembeli atau calon pembeli bahwa bisnis kamu itu profesional dan bertanggung jawab dalam menanggapi suatu masalah.

Setelah pembeli yang memberikan ulasan buruk tersebut sudah merespon chat kamu tetapi sama saja. Langkah terkahir adalah dengan cara memberikan beberapa kombensani dalam bentuk apapun. Agar pembeli tidak merasa dirugikan lagi. Untuk referensi kamu juga bisa membaca Optimasi Review Google Maps Yang Benar.

2. Ambil Tindakan Positif Terhadap Review Negatif

Tips menghadapi review negatif yang ke dua adalah ambil tindakan positif. Berapapun review negatif yang kamu dapatkan, kamu harus tetap menghadapi masalah ini dengan kepala dingin, walaupun hati panas. Ada beberapa tindakan positif yang bisa kamu lakukan, seperti melakukan evalusi kinerja team, memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan untuk menambah pundi-pundi review poositif.

Bagaiman cara menambah review positif di review Google Maps?

Bagimana cara menghilangkan Revewi Negatif???

Begini, ketika kamu sudah melakukan tidakan untuk evaluasi team, memperbaiki dan menambah kualitas pelayanan. Maka kamu sudah berhasil membuat pembeli merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Dan pada akhirnya akan memberikan review positif  di Google Maps dengan ikhlas. Memang hal ini tidak mudah, perlu usaha dan tenaga agar mewujudkan impian ini.

Nah, setalah kamu sudah berhasil menambah review positif, maka review negatif tersebut lama-kelamaan akan tenggelam tuh, karena sudah digeser dengan beberapa ulasan positif (ketutup). Jika kamu mendapatkan 2 ulasan buruk maka sarannya kamu harus menutupnya dengan 10 ulasan positif. Bagaimana, cocok atau tidak menurut kamu?

3. Jangan Pernah Menghapus Review Negatif

Apakah kamu pernah berfikir untuk menghapus beberapa review negatif di Google Maps? Jika memang itu yang kamu pikirkan sekarang, tolong singkirkan dulu tindakan tersebut. Kenapa? Jadi gini bos, memang mendapatkan review negatif itu tidak enak (emosi) walaupun itu cuma satu. Apalagi  review negatif tersebut bukan dari akun asli seseorang, plus kata-kata reviewnya melebihi orang gila.

Kamu sebagai pemilik usaha sebaiknya melakukan tindakan yang profesional untuk menanggapi hal seperti ini. Jika kamu punya team, berikan pengarahan tentang hal ini, agar tidak mengapus review tersebut. Cara untuk  menanggapi review tersebut. Berikan beberapa pertanyaan yang intinya kenapa pembeli pembeli tersebut marah-marah. Sehingga kamu tahu kenapa pembeli marah-marah. Setelah itu selesai, kamu bisa memberikan semacam kombensasi atau bonus (kamu juga bisa membujuknya untuk merubah review negatif menjadi positif, jika itu perlu).

Alasan berikutnya kenapa kamu dilarang untuk menghapus review negatif adalah di dunia bisnis tidak ada yang sempurna dalam urusan memuaskan pelanggan. Masih banyak di luar sana yang selalu mendapatkan review negtif, tetapi pengusaha tersebut justru malah semakin kuat di dunia pemasaran. Kerena apa?

Sebab mereka selalu melakukan evaluasi dari beberapa kesalahan. Dengan cara mendapatkan review negatif, kamu bisa mengetahui apa kesalahan dari toko. Setelah sadar akan kesalahan tersebut, lakukan evaluasi untuk menjadi yang lebih baik. Anggap saja review negatif adalah sebuah kritikan keras yang dapat memperkokoh bisnis kamu.

Deimkianlah informasi tentang tips menghadapi review negatif dari Jawon Virtual Marketing. Semoga infromasi yang dijelaskan dengan singkat ini dapat membantu pekerjaan dan menambah wawasan dibidang usaha. Semoga usaha kamu selalu dibanjiri dengan review negatif (AAMIIN). Selamat mencoba…..

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *