Jawon Virtual Marketing | Jasa Kelola Website | Jasa SEO | Jasa Digital Marketing | Kelola Sosial Media | Buat Website Berkualitas

Cara mendaftarkan toko di Google Maps

Cara Mendaftarkan Toko di Google Maps Ternyata Mudah Lho

Cara mendaftarkan toko di Google Maps – Perkembangan dunia usaha saat ini sangatlah pesat. Terutama usaha di bidang penjualan yang tengah naik daun di kalangan masyarakat. Banyak orang yang berjualan secara online melalui berbagai marketplace. Tapi, ada juga yang lebih memilih berjualan secara offline dengan alasan tertentu.

Semakin banyaknya persaingan dalam perdangangan, banyak orang yang memilki toko offline sekaligus toko online. Karena ada pelanggan yang lebih suka berbelanja secara online, dan ada pula yang lebih memilih untuk datang langsung ke toko atau belanja secara offline.

Untuk memudahkan konsumen menemukan tokomu, kamu bisa memanfaatkan Google Maps. Aplikasi Google Maps ini tentu sudah tidak asing lagi bagi semua orang. Kamu sendiri mungkin juga sering menggunakannya.

Nah, selain sebagai penunjuk arah yang memudahkan pengguna untuk mencari lokasi, kamu juga bisa menggunakan Google Maps untuk mengembangkan bisnis toko kamu.

Coba bayangkan jika ada seseorang yang berniat berbelanja di tokomu, tapi dia belum tau lokasinya, maka kemungkinan besar dia akan mencarinya di Google Maps. Nah, jika tokomu tidak muncul di Google Maps, apa yang akan dia lakukan? Kemungkinan besar dia akan mencari toko yang lain, bukan? Hal ini bisa membuatmu rugi karena telah kehilangan calon konsumen.

Inilah pentingnya mendaftarkan toko kamu di Google Maps. Nah, sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara mendaftarkan toko di Google Maps? Apakah ribet? Ternyata caranya cukup mudah lho.

Keuntungan Mendaftarkan Toko di Google Maps

Sebelum membahas cara mendaftarkan toko di Google Maps, tak ada salahnya kalau kita membahas apa saja keuntungan dari mendaftarkan toko di Google Maps. Tujuannya supaya kamu semakin yakin untuk mendaftarkan tokomu di Google Maps.

1.    Meningkatkan Rangking Lokal di Google Search

Dengan mendaftarkan lokasi toko di Google Maps, maka memungkinkan tokomu muncul di pencarian Google. Hal ini bisa membuat banyak orang tau tentang tokomu dan bisa jadi mereka akan tertarik untuk berkunjung dan berbelanja di tokomu.

2.    Membantu Konsumen Menemukan Lokasi Tokomu

Keuntungan menampilkan lokasi usaha di Google Maps yang berikutnya yaitu untuk membantu konsumen menemukan lokasi dari toko kamu. Lokasi usaha yang sudah terverifikasi, nantinya akan tercantum di Google Maps.

Kamu bisa mencantumkan link lokasi toko kamu, di marketplace atau media sosial. Sehingga ketika orang akan berkunjung, mereka tinggal klik link tersebut dan mengikuti rute yang sudah ada.

3.    Membantu Konsumen Menemukan Informasi Tentang Tokomu

Keuntungan menampilkan lokasi toko di Google Maps berikutnya yaitu akan memudahkan konsumen dalam menemukan informasi detail mengenai tokomu.

Pengguna Google Maps akan dengan mudah membaca dan menemukan data-data toko kamu seperti petunjuk arah, jam operasional, alamat website, nomor telepon, deskripsi bisnis, dan sebagainya. Selain itu, review atau ulasan positif dari para pelanggan juga akan menambah keyakinan konsumen untuk berbelanja di toko kamu.

Intinya, dengan memanfaatkan Google Maps, maka dapat meningkatkan angka penjualan karena akan semakin banyak orang yang tau tentang tokomu. Ditambah dengan fitur terbaru Google Maps Di Tahun 2021.

Setelah mengetahui keuntungannya, sekarang mari kita bahas bagaimana cara mendaftarkan toko di Google Maps.

Cara Mendaftarkan Toko di Google Maps

1.    Cara Mendaftarkan Toko di Google Maps Dengan Komputer atau Laptop

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mendaftarkan toko di Google Maps melalui browser di desktop, baik komputer ataupun laptop.

Berikut langkah-langkahnya. Simak baik-baik ya.

  • Pertama, nyalakan laptop atau komputer kamu dan pastikan sudah terhubung dengan jaringan internet.
  • Kemudian buka browser yang terinstal di laptop atau komputermu, bisa menggunakan Firefox, Chrome, Opera dan lainnya.
  • Masuk ke Google Search, kemudian ketik Google Maps.
  • Ketika tampilan Google Maps sudah muncul, klik tiga garis yang ada pada bagian pojok kiri atas.
  • Pilih tambahkan tempat bisnis/add your business dan akan muncul tab baru.
  • Lalu isi data toko dengan lengkap dan jelas, biasanya akan muncul pertanyaan mengenai nama tempat atau nama toko dan kategori bisnis.
  • Setelah itu klik next. Maka akan muncul pertanyaan lain seperti alamat toko, alamat e-mail, nomor telepon, alamat website dan gambar lokasi terbaru.
  • Atur pointer untuk memudahkan pencarian lokasi toko. Klik Submit.
  • Kemudian cek akun Gmail kamu. Apakah ada pesan masuk atau tidak. Jika data toko sudah masuk, maka kamu akan mendapat e-mail berupa keterangan data-data yang sudah kamu isikan tadi.
  • Tapi jika ternyata kamu tidak mendapatkan e-mail, itu artinya data yang kamu masukkan gagal tersimpan. Sehingga kamu perlu mengulanginya sampai berhasil.
  • Jika kamu sudah menerima email yang berisi data-data yang sudah kamu masukkan tadi dan ada keterangan berhasil, maka Google telah mengkonfirmasi dan me-review alamat email yang terdaftar.
  • Nah, sekarang kamu tinggal menunggu lokasi toko kamu muncul di Google Maps.
  • Biasanya membutukan waktu selama berhari-hari sampai lokasi yang kamu daftarkan bisa aktif.
  • Jika sampai beberapa minggu data sudah masuk tapi lokasi masih belum aktif, maka coba kamu hubungi pihak Google.

2.    Cara Mendaftarkan Toko di Google Maps Dengan Ponsel Android

Selain menggunakan komputer atau laptop, kamu juga bisa mendaftarkan tokomu di Google Maps dengan menggunakan ponsel android kesayanganmu. Bagaimana caranya? Baca langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Pastikan ponselmu tersambung ke jaringan internet, bisa data seluler atau wifi.
  • Buka aplikasi Google Maps yang sudah ada. Tapi kalau belum ada, kamu bisa men-download aplikasi ini terlebih dahulu di Google Play Store.
  • Kalau aplikasi sudah terbuka, akan muncul notifikasi untuk mengaktikan lokasi. Klik “Ya”.
  • Klik pada tiga garis horizontal di bagian pojok kiri atas dan pilih menu “Tambahkan Tempat”.
  • Kemudian akan muncul form isian data-data lokasi yang akan kamu daftarkan. Isilah dengan lengkap dan jelas mengenai nama tempat, alamat lengkap, kategori, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.
  • Jika sudah selesai, coba untuk membagikan lokasi yang kamu daftarkan tersebut melalui sosial media atau aplikasi chatting.
  • Melalui proses ini, maka Google akan melakukan review permintaan tambah lokasi yang kamu ajukan.
  • Pihak Google akan meninjau lokasi tersebut selama beberapa hari atau minggu.
  • Jika sudah berhasil, maka pelanggan dapat menemukan lokasi tokomu dengan mudah.

Itulah langkah-langkah yang kamu butuhkan untuk mendaftarkan toko di Google Maps. Cukup mudah bukan? Nah, sekarang waktunya kamu mempraktekkannya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu dan dengan Google Maps, akan semakin banyak konsumen yang berkunjung dan usahamu dapat semakin berkembang. Cari juga informasi menarik seputar Review Google Maps.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *