Jawon Virtual Marketing | Jasa Kelola Website | Jasa SEO | Jasa Digital Marketing | Kelola Sosial Media | Buat Website Berkualitas

Fitur Terbaru Google Maps

Simak 4 Fitur Terbaru Google Maps 2021

Fitur terbaru Google Maps – Hayo, siapa di antara kalian yang ketika bepergian selalu mengandalkan kepintaran dari Google Maps? Kita tau bahwa Google Maps memiliki fungsi yang sangat berguna untuk kegiatan sehari-hari, yaitu sebagai penunjuk jalan atau arah menuju suatu lokasi. Dengan menggunakan Google Maps, kamu bisa mengetahui jalan menuju lokasi yang sama sekali belum pernah kamu datangi dengan mudah. Untuk menggunakan Google Maps, kamu cukup mengaksesnya melalui ponsel pintar atau smartphone kesayanganmu.

Sebagai pengguna Google Maps, taukah kamu kapan perusahaan Google merilis aplikasi ini? Google sudah merilis aplikasi ini sejak 16 tahun lalu, tepatnya pada bulan Februari tahun 2005. Wah ternyata sudah lama banget, ya.

Dari waktu ke waktu, fitur Google Maps selalu mengalami perkembangan. Mulai dari yang awalnya orang-orang hanya bisa mengakses Google Maps dalam versi web melalui dekstop, hingga saat ini kita dapat dengan mudah mengaksesnya melalui aplikasi di smartphone. Dan saat ini Google Maps selalu memunculkan fitur-fitur terbaru untuk memudahkan penggunanya.

Lalu apa saja fitur terbaru Google Maps 2021 yang mungkin belum kamu ketahui? Yuk kita bahas bersama satu persatu.

Fitur Terbaru Google Maps 2021

1.    Google Maps Memberikan Gambar Peta Yang Lebih Detail

Google Maps telah melakukan update atau pembaruan pada peta sehingga tampilannya menjadi lebih detail daripada versi sebelumnya. Dengan pembaruan ini, kamu sebagai pengguna Google Maps dapat membedakan kontur tanah dan fitur alam yang ada di sekitarnya dengan mudah. Kamu dapat mengetahui apakah itu merupakan pegunungan es, gurun, hutan lebat, sungai, danau, atau pantai.

Selain megetahui kontur tanah dan fitur alam, informasi jalanan di wilayah kota ataupun wilayah pedesaan akan terlihat lebih detail. Hal ini karena pihak Google menggunakan satelit sebagai dasar pembaruan Google Maps serta menerapkan teknik algoritma pemetaan yang baru.

Untuk mengetahui kontur tanah, fitur alam, ataupun jalanan kecil di perkotaan ataupun pedesaan, kamu perlu zoom out atau memperbesar tampilan peta, sehingga akan terlihat detailnya.

Fitur terbaru Google Maps 2021 yang satu ini tentu sangat memudahkan pengguna Google Maps. Selain untuk mengetahui kondisi lingkungan, fitur ini juga bisa menunjukkan jalanan kecil yang susah untuk dijangkau. Jadi jika kamu punya bisnis online atau toko yang melalu jalan kecil, kamu juga haurs tahu keuntungan mencantumkan alamat pada Google Maps.

2.   Sekarang Ada Live View

Kamu sudah tau belum tentang fitur Live View ini? Mungkin kamu sering menggunakannya tapi tidak tau bahwa itulah yang namanya fitur Live View. Google Maps telah menyediakan fitur ini pada tahun 2019 lalu. Fitur ini berguna banget buat kamu yang perlu mencari suatu fasilitas di lokasi yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya.

Misalnya kamu sedang berkunjung ke suatu tempat yang asing dan kamu kehabisan uang cash. Sehinga kamu perlu mengambil uang di ATM, tapi kamu tidak tau lokasinya. Nah, kamu bisa menggunakan fitur ini.

Dengan mennggunakan teknologi Augmented Reality (AR), fitur ini dapat membantu kamu sebagai pengguna, untuk melihat secara nyata tempat yang sedang kamu kunjungi. Live View tersedia untuk mode pejalan kaki yang mampu menampilkan kombinasi tanda petunjuk jalan tiga dimensi dengan tampilan jalan yang akan muncul secara langsung (live) pada kamera ponsel.

Fitur ini berguna untuk menunjukkan dengan tepat di mana posisimu dan ke arah mana kamu menghadap. Jadi, kamu tidak perlu lagi takut tersesat dan kebingungan mencari arah mata angin atau posisi kamu berada.

Fitur Live View bisa kamu rasakan manfaatnya ketika kamu berada di tempat umum, seperti bandara, mall, stasiun, dan lokasi lainnya. Bukan hanya di luar area, Live View juga bisa kamu gunakan saat kamu berada di area indoor. Fitur canggih ini dapat membantu pengguna untuk menemukan toilet, ATM, meja tiket, lift, eskalator, peron, konter check-in, dan sebagainya.

Sayangnya, Live View hanya berfungsi pada smartphone Android yang memiliki kamera dengan dukungan AR Core atau iOS yang memiliki kamera ARKit. Selain itu, fitur ini hanya berfungsi pada Street View yang tersedia pada Google.

3.    Google Maps Melakukan Perbaikan Pada Navigasi

Mungkin fitur navigasi merupakan fitur yang paling sering orang gunakan. Yaa, karena fitur inilah yang merupakan fungsi utama dari Google Maps. Navigasi sendiri merupakan pemandu arah atau penunjuk jalan dari suatu lokasi menuju lokasi lain.

Untuk membuat fitur navigasi, Google Maps menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan yang akan terus berkembang. Google Maps kini akan memberikan informasi navigasi yang lebih akurat dan detail untuk membantu pengguna menemukan rute yang paling optimal.

Ketika kamu mencari petunjuk arah ke suatu tempat di Google Maps, aplikasi ini akan mempertimbangkan beberapa faktor dan memberikan pilihan atau opsi rute terbaik.  Secara otomatis, saat ini Google Maps akan memilih untuk menampilkan rute tercepat. Google Maps juga akan mengidentifikasi rute mana yang cenderung lebih lengang atau bebas hambatan.

Dengan adanya teknologi AI, Google maps dapat memprediksi suatu peristiwa yang mungkin akan terjadi saat kamu sedang berkendara di dalam mobil. Misalnya ketika kamu akan berganti jalur atau keluar dari jalan bebas hambatan, maka Google Maps akan memberimu informasi. Wahh, serasa punya asisten pribadi bukan?

4.    Personalisasi

Google Maps saat ini lebih memperhatikan pada pengalaman individu atau personal. Google Maps akan memberikanmu referensi tempat yang mungkin akan kamu sukai. Referensi ini akan Google Maps tampilkan saat kamu tengah mengunjungi suatu lokasi.

Aplikasi Google Maps bisa menampilkan restoran tempat sarapan, makan siang, dan makan malam atau cafe untuk sekedar bersantai sembari minum kopi. Google Maps juga bisa memberimu informasi tentang jam buka serta tingkat keramaian atau kesibukan tempat tersebut.

Jika kamu bepergian ke suatu tempat, Google Maps juga akan memberikan sorotan tentang tempat tersebut dan juga objek wisata populer yang bisa kamu kunjungi.

Nah, itulah pembahasan tentang fitur terbaru Google Maps 2021 yang semakin canggih dari waktu ke waktu, dari Jawon Virtual Marketing. Tujuan Google Maps menciptakan fitur-fitur tersebut tentunya adalah untuk semakin memudahkan pengguna dalam menemukan serta mendapat informasi yang lengkap mengenai suatu tempat. Jadi, apakah kamu sudah puas dengan fitur-fitur yang Google Maps berikan atau masih ada yang kurang?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *