Jawon Virtual Marketing | Jasa Kelola Website | Jasa SEO Website | Jasa Digital Marketing | Kelola Sosial Media | Buat Website Berkualitas | Oprimasi dan Kelola Wordpress

Cara meningkatkan brand awareness

Bagaimana Cara Meningkatkan Brand Awareness Melalui Digital Marketing

Cara meningkatkan brand awareness – Ada banyak cara yang efektif untuk membangun dan meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek melalui digital marketing di Indonesia. Dengan dunia yang serba digital dengan pilihan sosial media, pengguna sosial media terus bertambah dan terus berkembang.

Banyak pengguna sosial media yang setia kepada satu brand dan ada juga pengguna yang bosan terhadap suatu brand dan beralih kepada brand lainnya.

Untuk membuat fans baru aware terhadap brand, butuh suatu polah dan inovasi untuk meningkatkan brand awareness dan juga menarik fans baru yang nantinya akan menjadi pelanggan setia. Dan pastinya, kerja keras dan biayanya juga tidak sedikit untuk mendapatkan hasil yang baik.

Dalam panduan ini, kita akan membahas pentingnya kesadaran merek (brand awareness) untuk bisnis Anda mendapatkan loyalitas pelanggan.

Cari tahu mengapa Anda harus memprioritaskan kesadaran merek (brand awareness) dalam kampanye pemasaran digital (digital marketing) Anda, dan temukan strategi pemasaran apa yang dapat Anda gunakan untuk membangun merek Anda di antara audiens Anda.

Apa itu Brand Awareness di Digital Marketing?

Bicara tentang brand awareness, apa sih sebenarnya brand awareness itu? Kesadaran merek (brand awareness) adalah istilah yang mengacu pada tingkat keakraban konsumen terhadap suatu produk dengan namanya menggunakan berbagai saluran pemasaran.

Ini membedakan produk dari suatu merek (brand) dari pesaingnya. Sederhananya, ini adalah ukuran seberapa baik target audiens Anda mengenali merek (brand) Anda.

Dan apa arti kesadaran merek tingkat tinggi bagi bisnis Anda? Lebih banyak penjualan.

Ketika konsumen dihadapkan pada pilihan, mereka cenderung membeli produk dari merek yang paling mereka kenal. Itulah mengapa brand awareness harus menjadi prioritas bagi bisnis, terutama brand startup.

Faktanya, kesadaran merek (brand) sangat penting sehingga 37% pemasar (marketers) mengatakan itu adalah prioritas utama mereka di tahun 2019.

Sekarang setelah Anda mengetahui betapa pentingnya kesadaran merek (brand) bagi Anda, pertanyaan berikutnya adalah: “Bagaimana Anda dapat membangun kesadaran merek (brand awareness)?”

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memanfaatkan dengan benar banyak saluran pemasaran digital yang Anda inginkan.

Baca Juga : Apa Itu Digital Marketing Dan Kegunaanya Bagi Bisnis

Bagaimana Digital Marketing Bisa Meningkatkan BA?

Selama bertahun-tahun, pemasaran digital (digital marketing) telah menjadi gamechanger bagi banyak merek (brand).Ini terus mendominasi banyak saluran pemasaran, dengan lebih dari setengah populasi dunia menggunakan Internet.

Dengan pemasaran digital, Anda dapat:

  •         Menjangkau audiens yang lebih tertarget dengan cara yang lebih hemat biaya dan terukur
  •         Meningkatkan lapangan permainan, terutama jika Anda adalah bisnis kecil
  •         Berinteraksi dengan prospek dan pelajari wawasan berharga dari mereka
  •         Menjadi hiper-personalisasi dengan audiens Anda
  •         Menjangkau pasar global

Online adalah tempat pelanggan Anda berada. Dan menggunakan saluran pemasaran digital (digital marketing) bermanfaat untuk menjangkau mereka, sehingga membangun kesadaran di sekitar merek Anda.

Untuk memulai pemasaran digital, berikut adalah beberapa strategi yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keakraban konsumen dengan produk Anda.

Strategi Digital Untuk Meningkatkan Brand Awareness

·         Search Engine Optimization (SEO)

Anda ingin merek Anda ditemukan secara online dan mengalahkan pesaing. Dan inilah yang dapat dicapai oleh Search Engine Optimization (SEO) untuk Anda

SEO membantu menunjukkan produk Anda di depan pelanggan Anda. Strategi ini memungkinkan halaman web Anda muncul di halaman pertama hasil pencarian, seperti Google.

Peran utama SEO adalah untuk mendapatkan lalu lintas situs organik ‘tidak dibayar’ dari Search Engine Results Page (SERP). Ini dilakukan melalui berbagai metode on-page dan off-page.

Bagaimana SEO Mempengaruhi Brand Awareness?

Dengan peningkatan lalu lintas ke situs web Anda, merek Anda terpapar ke audiens yang lebih luas, dan lebih banyak eksposur berarti lebih banyak orang mengenali apa yang dilakukan merek Anda.

Misalnya, satu studi kasus menggambarkan bagaimana konsultan pemasaran digital Hunter Branch melihat secara langsung apa yang dapat dilakukan SEO untuk meningkatkan kesadaran merek.

Contoh Brand Awareness Menggunakan SEO

Dalam studi tersebut, Branch berbagi pekerjaan dengan satu klien, seorang pelatih menulis, yang menghasilkan sekitar 20.000 pengunjung setiap bulan dari pencarian.

Klien sudah menjadi penulis yang sukses sebelum memasang kehadiran online-nya. Setelah menerapkan strategi lengkap SEO, klien yang tadinya coach menulis, mulai mendapatkan rata-rata 140.000 pengunjung organik tiap bulannya.

Menariknya; Klien ini, sekarang dikenal luas sebagai salah satu pelatih menulis online terbaik. Itulah cara tampil di 3 hasil penelusuran organik teratas berdampak pada pencitraan brandingnya.

Cara Meningkatkan Brand Awareness Dengan SEO

Pada tahun ini, lebih dari 64% pemasar secara aktif berinvestasi di SEO. Anda harus mengikuti persaingan, berikut adalah beberapa cara menggunakan SEO untuk membangun merek.

1.      Membangun tautan

 Semakin banyak link berkualitas yang merujuk ke halaman Anda, semakin tinggi peringkat Anda di SERP. Tapi bagaimana Anda mendapatkan link tersebut?

Saya percaya bahwa konten yang berharga sama dengan backlink yang kuat. Dengan konten, maksud saya konten unik, relevan, dan berharga yang dibuat untuk pengguna dan untuk mesin pencari.

2.      Mengoptimalkan konten

Membuat konten adalah satu hal; mengoptimalkan konten adalah hal lain. Agar Google dapat menemukan konten Anda, Anda harus menambahkan kata kunci ke halaman Anda untuk meningkatkan visibilitas organik.

Karena Anda secara khusus menargetkan audiens pada tahap kesadaran (awareness), penting juga untuk mengoptimalkan konten Anda untuk kata kunci non-komersial.

Kunci lainnya adalah lebih fokus pada kata kunci (long-tail) artinya kata kunci yang lebih spesifik dan bervolume kecil, sehingga tingkat persaingannya lebih rendah. Jenis kata kunci ini memiliki rasio klik 3% hingga 5% lebih tinggi daripada pencarian umum.

Selain itu, menyelaraskan strategi kata kunci Anda dengan branding Anda membantu Anda menegaskan lebih banyak kontrol atas persepsi brand Anda.Itulah mengapa sangat penting untuk memilih kata kunci yang relevan dengan merek Anda.

Baca Juga : Kesalahan Dalam Membaut Konten Yang Biasa Terjadi

3.      Tautan Internal

Ketika seorang prospek mendarat di halaman Anda, bantu dia menavigasi situs web Anda melalui tautan internal.Tautan internal melibatkan penambahan tautan ke halaman lain di situs Anda menggunakan teks jangkar.

Teks jangkar (anchor text) dapat menjadi kata kunci utama Anda, variasi dari kata kunci utama Anda, atau kata kunci spesifik (Long-tail).Dengan strategi yang jelas, Anda dapat meningkatkan pengalaman pengguna sambil mengarahkan lebih banyak lalu lintas situs ke halaman Anda.

Tetapi tautan internal tidak hanya mengarahkan pengunjung ke halaman Anda yang lain. Itu juga melewati ekuitas tautan untuk meningkatkan peringkat SERP Anda.

4.      Pembuatan Konten

Dalam strategi sebelumnya, kami telah secara singkat menyentuh pentingnya konten. Namun, karena pembuatan konten sangat penting dalam membangun merek, hal ini memerlukan diskusi lebih lanjut sebagai strategi digital kami berikutnya.

Untuk panduan ini, kami akan fokus pada pembuatan konten bermerek dan bagaimana pengaruhnya terhadap kampanye kesadaran merek (brand awareness) Anda.

Tapi apa itu konten bermerek (branded content)?

Konten bermerek adalah konten yang memberikan nilai bagi pelanggan baru Anda. Ini memungkinkan Anda menunjukkan kepada audiens siapa perusahaan Anda dan apa yang diwakili oleh merek Anda.

Jenis konten ini menyimpang dari iklan tradisional. Tujuannya adalah untuk menghibur atau menginformasikan, untuk menarik perhatian konsumen, dan mendorong keterlibatan nyata.

Ini termasuk artikel, video, infografis, podcast dan lain sebagainya.

5.      Bagaimana Pembuatan Konten Mempengaruhi Brand Awareness

Kampanye brand awareness yang kuat lebih dari sekadar konsumen yang mengetahui nama brand Anda. Ini menunjukkan seberapa baik audiens Anda memahami kualitas yang membuat perusahaan Anda unik.

Melalui pengembangan strategi konten yang efektif yang membedakan merek Anda dari pesaing.

Konten juga merupakan cara untuk menunjukkan kepribadian, berbagi pendapat, dan memposisikan brand Anda pada masalah. Sederhananya, konten adalah apa yang memanusiakan brand Anda.

Sosial Media

Apa tempat yang lebih baik untuk menjadi merek daripada dengan media sosial?

Platform ini memiliki miliaran pengguna media sosial yang menunggu untuk menjadi pelanggan Anda. Juga, gratis untuk membuat akun Anda di media sosial. Dan jika Anda menjalankan iklan, Anda dapat mencapai banyak hal dengan anggaran yang sedikit.

Dengan banyaknya peluang yang tersedia menggunakan pemasaran media sosial, Anda tidak ingin melewatkan strategi pemasaran penting ini.

Jadi, apakah itu di Facebook, Instagram, YouTube, LinkedIn, atau saluran lain, sangat penting untuk membangun kehadiran Anda menggunakan pemasaran media sosial untuk meningkatkan brand awareness.

Bagaimana Media Sosial Mempengaruhi Brand Awareness

Audiens Anda menghabiskan banyak waktu mereka untuk menelusuri feed mereka. Rata-rata pengguna internet menghabiskan 144 menit per hari menggunakan media sosial menurut Statista. Ini memberikan peluang besar bagi bisnis Anda untuk menjangkau mereka secara online.

Memiliki kehadiran media sosial membantu Anda menjadi lebih terlihat oleh pelanggan Anda. Ini memungkinkan Anda untuk terhubung dengan mereka, terlibat dengan mereka, yang lebih penting, meningkatkan pengenalan brand, dan menciptakan pendukung brand.

Dengan membagikan suara dan cerita brand Anda di media sosial, baik melalui memposting konten yang menarik atau menjalankan iklan, Anda dapat meningkatkan kesadaran akan bisnis brand Anda.

Nah, itu adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan brand awareness Anda melalui digital marketing.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *