Jawon Virtual Marketing | Jasa Kelola Website | Jasa SEO Website | Jasa Digital Marketing | Kelola Sosial Media | Buat Website Berkualitas | Oprimasi dan Kelola Wordpress

Manfaat SEO Untuk Bisnis Online

Manfaat SEO Untuk Bisnis Online Dengan Menggunakan Website

Manfaat SEO untuk bisnis online memang sangat beragam. SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah strategi yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan ke suatu website melalui mesin pencarian Google.

Tujuan utama dari SEO adalah agar suatu website berada di halaman pertama mesin pencarian Google berdasarkan kata kunci tertentu. Jika website kamu berada di halaman pertama, maka secara otomatis akan banyak yang mengklik website tersebut. Sehingga akan meningkatkan kunjungan.

Hal ini berkaitan dengan perilaku kebanyakan orang. Mereka cenderung akan mengklik informasi yang ada di halaman pertama. Karena mereka merasa lebih percaya terhadap informasi yang berada di urutan teratas mesin pencarian.

Oleh karena itu, jika kamu ingin banyak yang berkunjung ke website kamu, maka website kamu harus berada di halaman pertama. Caranya adalah dengan menerapkan teknik SEO pada tulisan artikel.

Jika kamu menerapkan SEO pada bisnis kamu, maka akan banyak manfaat yang di dapatkan. Apa saja itu? Nah, berikut adalah manfaat SEO untuk bisnis oneline menggunakan website.

Keuntungan Menerapkan Ilmu SEO Pada Website Bisnis

1. Situs Web Mudah Ditemukan Dengan Berbagai Kata Kunci

Salah satu penyebab kenapa website kamu masih sepi pengunjung mungkin karena situs kamu sulit untuk ditemukan. Kenapa hal ini bisa terjadi? Mungkin karena kamu belum menerapkan teknik SEO atau Search Engine Optimization.

SEO memang sangat penting dalam setiap konten yang akan dibuat. Karena mesin Google selalu akan menampilkan situs web yang berhubungan dengan kata kunci yang audiens gunakan.

Jika kamu sudah menerapkan SEO, maka situs web kamu akan lebih mudah untuk ditemukan dengan berbagai kata kunci. Karena SEO akan membawa situs web untuk berada di halaman pertama.

Selain belum menerapkan SEO, ada pula hal lain yang bisa menyebabkan audiens sulit menemukan situs web bisnis. Taukah Anda apa hal itu? Hal itu adalah kecepatan dalam akses website. Ketika membuka sebuah website, terkadang ada yang loading-nya terlalu lama.

Loading yang terlalu lama ini bisa menyebabkan situs web tidak muncul di halaman pertama Google. Faktor yang mempengaruhi kecepatan akses suatu website ada beragam. Seperti ukuran gambar yang terlalu besar, script yang terlalu panjang, tidak memperhatikan cache, dan sebagainya.

2. Mendapatkan Traffic Potensial

Manfaat SEO untuk bisnis online selanjutnya adalah untuk mendapatkan traffic. Apakah website Anda kurang mendapatkan traffic pengunjung? Jika benar, mungkin ada yang salah dengan cara pengelolaannya. Coba evaluasi lagi, apakah Anda sudah menerapkan teknik SEO dalam mengelola website?

Memang teknik SEO ini sangat berperan dalam mendapatkan atau meningkatkan traffic kunjungan. Dengan teknik SEO yang benar, maka web Anda berpeluang untuk berada di halaman pertama mesin pencarian.

Dengan berada di halaman pertama, maka akan banyak yang membuka web tersebut. Sehingga traffic kunjungan juga akan meningkat. Dengan teknik SEO, kamu juga bisa mendapatkan banyak pengunjung tanpa mengeluarkan biaya.

Kenapa tidak perlu mengeluarkan biaya? Tentu saja karena kamu tidak perlu melakukan promosi dengan iklan. Karena sebenarnya jika kamu sudah menerapkan teknik SEO dengan baik, maka pengunjung akan datang dengan sendirinya.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Sekarang coba posisikan diri kamu sebagai konsumen. Apa yang akan kamu lakukan sebelum membeli barang? Tentu Anda akan mencari informasi terlebih dahulu. Begitu juga dengan kebanyakan orang.

Mereka biasanya akan mencari informasi terlebih dahulu melalui mesin pencarian Google. Sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk membeli sesuatu. Hal ini tujuannya adalah untuk mencari referensi dan menemukan barang yang paling pas dan sesuai dengan keinginannya.

Nah, di sinilah kesempatan kamu untuk memenangkan pertempuran. Anda bisa memanfaatkan ini untuk memperkenalkan produk kamu kepada masyarakat luas. Hal ini namanya adalah brand awareness atau kesadaran orang tehadap produk kamu.

Untuk meningkatkan brand awareness, tentunya kamu perlu menerapkan teknik SEO. Agar informasi yang kamu bagikan berada di urutan teratas dan banyak yang klik.

Semakin terkenal brand  kamu, maka tingkat kepercayaan audiens akan semakin meningkat. Peluang agar audiens menjadi konsumen-pun juga besar. Sehingga dapat meningkatkan angka penjualan produk yang kamu tawarkan.

4. Mendapatkan Leads dan Peluang Konversi Lebih Tinggi

Manfaat SEO untuk bisnis online yang terakhir adalah untuk mendapatkan leads. Istilah leads tentu sudah tidak asing bagi seorang pebisnis, termasuk kamu. Tapi apakah kamu sudah tau apa itu leads? Leads adalah orang yang tertarik pada suatu produk atau layanan yang kamu tawarkan. Bisa karena produk itu sendiri atau karena cara pemasarannya.

Sudah mengerti apa itu leads? Jika belum, kami akan beri contohnya. Mungkin Anda pernah menerima e-mail marketing suatu produk. Sebelum menerima e-mail tersebut, tentu kamu sudah pernah menunjukkan ketertarikan kamu pada produk tersebut.

Ketertarikan inilah yang disebut sebagai leads dalam dunia digital marketing. Umumnya leads akan meninggalkan kontak berupa nomor telepon atau alamat e-mail. Dari sinilah pelaku bisnis bisa mengirimkan pesan-pesan promosi kepada leads tersebut. Pesan tersebut dapat berupa informasi tentang produk terbaru maupun penawaran diskon.

Sementara itu, leads generation adalah proses menarik orang yang berminat terhadap produk Anda.  Bukan hanya menarik orang tersebut, tetapi juga mengkonversikannya menjadi pelanggan.

Untuk mendapatkan leads yang berkualitas memang tidaklah mudah. Sehingga kamu perlu memahami cara meningkatkan leads generation. Anda bisa meningkatkan leads dengan melakukan paid advertising atau iklan. Namun jika Anda tidak memiliki budget yang cukup, maka teknik SEO adalah cara yang tepat.

Dengan menggunakan SEO, maka dapat meningkatkan traffic kunjungan dan berpotensi menghasilkan leads. Banyak mendapatkan leads merupakan suatu hal yang bagus dalam bisnis kamu. Dengan leads tersebut, kesempatan kamu untuk medapat lebih banyak pelanggan juga akan meningkat.

Untuk mengkonveri leads menjadi pelanggan, kamu bisa mengirimkan pesan berupa penawaran khusus. Kamu bisa menggunakan kalimat sense of urgency pada tawaran Anda. Contoh kalimat sense of urgency adalah “diskon khusus hari ini”. Tujuannya dari sense of urgeny adalah agar calon pelanggan terdorong untuk segera melakukan pembelian.

Sekian pembahasan kita mengenai manfaat SEO untuk bisnis online. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu. Dengan manfaat tersebut, tentu sangat sayang jika kamu belum menerapkan SEO. Jika kamu tidak sempet untuk menulis artikel SEO, optimasi website gunakan Jasa Perbaikan Website.

Nah, sekarang saatnya kamu mempraktekkan SEO pada website bisnis online. Selamat mencoba.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *