Jawon Virtual Marketing | Jasa Kelola Website | Jasa SEO Website | Jasa Digital Marketing | Kelola Sosial Media | Buat Website Berkualitas | Oprimasi dan Kelola Wordpress

Perbedaan SEO dan Google Ads

Perbedaan SEO dan Google Ads Di Antara Kelebihan dan Kekurangannya

Perbedaan SEO dan Google Ads. Tentunya kita mengenal ada banyak tools untuk digital marketing. Dari sekian tools tersebut ada yang bisa berimpact cepat bagi bisnis namun juga ada yang berimpact nya jangka panjang tetapi dalam jangka waktu yang lama bahkan permanen. Jika berbicara soal teknik marketing yang permanen maka kita sering mengenal istilah SEO di sini.

Jadi SEO adalah teknik optimasi kata kunci di halaman pencarian agar orang datang ke website kita. Namun itu cara yang cukup lama hasilnya. Ada yang lebih cepat yakni dengan memakai google ads. Di sini kita akan membahas perbedaan antara SEO dan google ads serta kelebihan dan kekurangan keduanya.

Dengan mengetahui perbedaan SEO dan google ads maka anda akan bisa memprioritaskan budget untuk marketing serta jangka waktu marketingnya juga. Sebab kalau anda tidak tahu prioritas dan mekanismenya maka bisa menyebabkan pembengkakan biaya dan bahkan alokasi biaya yang tidak perlu. Oleh karena itu mari kita simak bersama tentang perbedaan SEO dan google ads berikut ini.

 

Kegunaan SEO dan Google Ads

Kita sudah bahas sedikit apa manfaat dari SEO dan google ads di atas. Namun kita harus memperjelas terlebih dahulu di sini. Jadi misalnya begini, jika anda berbisnis dekorasi dan peralatan pernikahan, maka platform yang efektif adalah website. Sebab kebanyakan orang yang mencari dekorasi itu biasanya cenderung terburu-buru sehingga mereka akan mencarinya lewat website.

Jika anda ingin mengoptimasi kata kunci “jasa dekorasi pernikahan” maka bisa menggunakan dua macam teknik optimasi, yakni SEO organik dan juga google ads. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Maka dari itu simak perbedaan SEO dan google ads berikut ini agar anda tak lagi salah dalam mendahulukan prioritas.

Jadi sebenarnya kalau keduanya berhasil, itu hasilnya akan sama-sama nampang di halaman 1 pencarian google. Namun untuk menuju ke sana itulah yang menjadi perbedaannya. Di mana teknik optimasi google ads yang banyak kelebihannya ternyata juga ada efek negatifnya. Tanpa berlama-lama mari simak perbedaaan antara keduanya berikut ini.

Beda Antara Google Ads dan SEO Organik

  • Beda Harga dan Biaya

Sebenarnya SEO ini juga tak selamanya gratis kalau kita memakai jasa dari perusahaan lain. Namun SEO akan menjadi platform yang murah jika kita mampu menghandle nya sendiri. Paling kita hanya membutuhkan tambahan biaya untuk beli plugin, sewa hosting, sewa domain, serta membeli backlink yang berkualitas. Selain itu yang dibutuhkan ketika optimasi SEO hanyalah ketekunan dan kemampuan membaca kebiasaan pencari di mesin pencari.

Di sinilah bedanya dengan google ads. Sebab google ads mensyaratkan biaya yang tidak murah. Bahkan di setiap tayangan iklan di kata kunci itu ada biaya yang  harus kita bayar. Jadi memang tidak ada yang gratis di google ads. Untuk iklan sendiri kita harus top up saldo dulu sebesar jumlah tayangan yang kita inginkan.

Jika anda ingin jangkauannya lebih luas lagi maka harus menambah biaya iklannya. Sebab kalau biaya iklannya semakin besar maka akan bisa menjangkau audience yang lebih luas, misalnya dari segi umur, lokasi mereka, serta jenis kelaminnya.

  • Proses Penayangan

Anda perlu mengetahui bahwa SEO tidak bisa mengindeks website anda di halaman satu dalam waktu yang singkat. Bahkan anda harus menunggu waktu sekitar 3-5 bulan agar website yang telah anda optimasi bisa muncul di halaman google. Maka dari itu memang proses optimasi SEO ini membutuhkan waktu lama. Namun jika anda sudah pernah masuk ke halaman satu maka untuk mempertahankannya juga membutuhkan waktu. Namun hasilnya akan permanen atau jangka waktunya cukup lama.

Nah, sedangkan google ads bisa muncul dalam waktu 1-2 hari saja. Jadi anda tidak perlu menunggu waktu lama. Yang cukup lama adalah menunggu google memverifikasi iklan landing page anda. Jika sudah disetujui maka iklan tinggal ditayangkan oleh google sesuai saldo yang anda setting.

 

  • Lama Bertahan di Halaman Google

Seperti yang sudah kita ulas di atas bahwa SEO organik akan muncul lebih lama di halaman google karena kita mengoptimasinya butuh waktu lama. Sedangkan prosesnya juga cukup lama untuk mencapai indexing di halaman teratas. Namun ini akan bertahan lama kecuali jika kompetitor anda menggeser posisi tersebut dan menenggelamkan ranking anda.

Sedangkan google ads akan tayang sesuai dengan jumlah saldo yang anda setting. Semakin tinggi dan banyak saldonya maka akan semakin lama iklan tayang. Namun ini juga bisa disetting tidak hanya lama tayangnya tetapi juga jangkauannya.

 

  • Pengaruh terhadap Trust Customer

Jadi SEO juga turut mempengaruhi trust customer. Misalnya calon customer anda mencari web anda di google. Jika web anda tidak berhasil ditemukan maka biasanya customer akan menganggap anda kurang kredibel. Jadi secara tidak langsung website dan SEO itu bisa mempengaruhi kepercayaan customer. Lalu jika kita bisa ads bukankah trust itu akan lebih terbangun jika menggunakan ads?

Eits ternyata tidak juga. Jadi pada dasarnya customer tidak suka dengan segala bentuk iklan. Jadi meskipun iklan anda ada di halaman pertama ketika mengetik brand anda,, tapi itu tidak jaminan brand anda akan mendapatkan kepercayaan dari customer.

  • Goals Utama

Jadi berhubung SEO adalah proyek jangka panjang maka juga tujuannya berbeda daripada ads. Tujuan utama dari SEO organik adalah mendapatkan traffic untuk selanjutnya traffic tersebut dapat diolah atau diarahkan menjadi sebuah potensi penjualan atau bisnis.

Sedangkan google ads lebih berfungsi untuk mendapatkan profit melalui lead yang masuk. Jadi meskipun hanya ada satu dua traffic tapi kalau semuanya menjadi lead itu tidak menjadi suatu masalah. Justru itu bagus untuk google ads. Namun google ads jika kita gunakan untuk brand awareness jangka panjang itu kurang bagus sebab butuh biaya yang banyak. Itulah perbedaan SEO dan google ads yang bisa menjadi pertimbangan anda untuk meningkatkan potensi bisnis ke depannya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »