Jawon Virtual Marketing | Jasa Kelola Website | Jasa SEO Website | Jasa Digital Marketing | Kelola Sosial Media | Buat Website Berkualitas | Oprimasi dan Kelola Wordpress

Tips memilih hashtag instagram

Tips Memilih Hashtag instagram Untuk Meningkatkan Engagement

Tips memilih hashtag instagram – Siapa nih yang masih asal-asalan dan masih bingung untuk mencantumkan hashtag pada sebuah postingan? Padahal sebenarnya ada cara riset Instagram gratis loh, jadi gak boleh asal-asalan untuk jika kamu sudah mengetahui ini. Caranya dengan menggunakan aplikasi mencari hashtag dan tools seperti Meta Hashtag. Hasilnya kamu tidak perlu ribet-ribet lagi untuk menentukan hashtag pada sebuah postingan, kamu tidak akan buang-buang waktu dan bisa segera untuk menyelesaikan pekerjaan yang lan.

Oke, kamu sudah mengetahui aplikasi pencari hashtag Instagram dan tools meta hashtag di atas, langkah selanjutnya yang sebaiknya kamu pelajari adalah, bagaimana cara menemukan hashtag Instagram yang dapat meningkatkan like,share dan komen. Selain itu kamu juga akan tahu bagaimana cara menemukan hashtag populer Instagram. Tetapi sebelum ke pembahasan tersebut, ada satu pertanyaan, yaitu

Bagaiaman cara yang kamu lakukan selama ini untuk mencantumkan  hashtag pada sebuah postingan di Instagram?

Jika kamu masih merasa belum puas dengan cara yang kamu lakukan selama ini, Jawon Virtual Marketing akan memberi tips yang telah di pakai oleh beberapa pengusaha besar dalam memanfaatkan sebuah hashtag untuk sebuah postingan. Yaitu dengan cara riset Instagram gratis dan cepat. Baiklah tak perlu banyak basa-basi lagi, berikut adalah 6 riset hashtag instagram gratis

Cara Riset Hashtag Instagram Gratis

1. Gunakan Hastag yang Relevan

Cara riset yang pertama adalah dengan menggunakan hashtag yang relevan. Apa maksudnya? Relevan berarti mempunyai kaitan dan hubungan erat dengan pokok permasalahan. Jadi maksud menggunakan hashtag yang relevan adalah pilih jenis hashtag yang berhubungan dengan tema konten yang kamu posting.

Misal nih, tema postingan kamu tentang jualan online. Kemudian hashtag  yang cocok untuk postingan tersebut seperti #jualanonline, #jualanmakanan, #jualanku dan masih banyak lagi yang bisa kamu riset untuk menentukan hashtag yang cocok.

Kamu tahu gak, akibat paling parah ketika kamu tidak menggunakan hashtag tidak relevan? Akibat ketika hashtag kamu tidak relevan dengan postingan adalah apabila ada pengguna Instagram yang menemukan dan menyadari kesalahan-mu tersebut dapat melaporkan postingan tersebut dengan pilih “Don’t Show for This hashtag”.

2. Hashtag Harus Strategis

Cara yang ke dua adalah dengan menggunakan hashtag yang strategis bro. Strategis gimana maksudnya? Jadi gini, yang dimaksud strategis dalam menggunakan hashtag adalah pilih beberapa hashtag berhubungan dengan daerah yang kamu targetkan.

Misal, kamu menjual celana di daerah Jogja. Maka hashtag strategis yang bisa kamu pilih lebih baik di sekitar Jogja dan sekitarnya. Atau jika target penjualan-mu adalah daerah solo misal, kamu juga bisa mencantumkan hashtag seperti #grosircelanasolo, #celanasolomurah dan lain-lain.

3. Berikan Hashtag yang Unik

Cara yang ke tiga adalah dengan mencantumkan hashtag yang unik. Ini bebas sih, sesuai keinganan kamu aja. Yang penting jangan terlalu banyak untuk mencantumkan jenis hashtag unik dalam postingan Instagram. Maksimal dua atau tiga saja, sisanya bisa untuk yang lain.

4. Berikan Hashtag Sesuai dengan Trending Topic

Selanjutnya adalah dengan memberikan hashtag sesuai dengan trending topic bos. Dengan menggunakan hashtag yang sedang trending, maka postingan Instagram kamu akan lebih berpeluang lebih besar untuk ditemukan oleh pengguna Instagram.

Misal, hari ini kamu posting konten tantang ucapan hari raya Idul Fitri. Kemudian hashtag yang cocok untuk konten adalah #idulfitri2021, #idulfitri1442h dan lain-lain. Inilah maksud dari menggunakan hashtag yang sedang trending topic, dimana ada sebuah permasalahan yang sedang rame diperbincangan di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

5. Jangan Terlalu Banyak Hashtag

Tips memilih hashtag instagram yang ke lima adalah jangan terlalu banyak hashtag. Apakah kamu sudah tahu, berapa batasan maksimal penggunaan hashtag untuk setiap 1 postingan di Instagram? Jika kamu belum tahu, Kami akan memberitahu-mu, jadi batas maksimal menggunakan hashtag dalam satu postingan adalah sebanyak 30 jenis hashtag.

Lalu, apakah bagus menggunakan hashtag dengan jumlah 30?

Jawabanya, lebih baik jangan lakukan itu. Dari pada kolom caption kamu saat di posting hanya penuh dengan hashtag, mending isi dengan caption yang berkualitas. Agar audiens memberikan like dan komentar pada postingan-mu.

Menurut Smart Insight, jumlah penggunaan hashtag dalam setiap postingan bisa disesuaikan dengan jumlah followers akun Instagram, beriut penjelasanya :

  1. Untuk 5000 followers ke bawah, lebih baik menggunakan 5 hashtag di caption dan 9 hashtag di komentar pertama.
  2. 5000 – 10.000 followers, gunakan 5 hashtag dibagian komentar pertaman dan 13 hashtag di
  3. 000 – 50.000 followers, gunakan 2 hashtag di caption dan 11 hashtag di komentar pertama.
  4. 000 – 100.000 followerts, lebih baik menggunakan 8 hashtag untuk caption dan 12 hashtag di komentar.
  5. Dan untuk 100.000 followers ke atas, kamu bisa menggunakan hashtag dengan jumlah 25 hashtag yang relevan dengan postingan kamu.

6. Jangan Melakuakan Pengulangan Hashtag Instagram

Bahanyanya ketika kamu mengulang hashtag secara berulang-ulanga adalah postingan kamu akan terkena shadowbanning atau pemblokiran sebuah akun. Shadowbanning kerap terjadi kepada akun-akun bisnis, bukan akun per-orangan. Nah hayo lo, apakah akun bisnis-mu saat ini telah menggunakan hashtag secara berulang? Stop cara seperti itu mulai sekarang kawan, dari pada akun bisnis mu kena blokir.

Itulah 6 Tips memilih hashtag instagram, semoga informasi ini dapat bermanfaaat untuk kamu tentang copy hashtag Instagram. Dan tools yang akan membantu kamu dalam mencari sebuah hashtag populer di Instagram adalah Metha Hashtag. Selamat mencoba … 🙂

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *