Jawon Virtual Marketing | Jasa Kelola Website | Jasa SEO Website | Jasa Digital Marketing | Kelola Sosial Media | Buat Website Berkualitas | Oprimasi dan Kelola Wordpress

Jenis konten menarik di instagram

Jenis Konten Menarik di Instagram

Jenis konten menarik di Instagram – Apakah kam mulai kehabisan ide membuat konten ??? Atau sedang bingung menentukan jenis-jenis koten Instagram apa yang paling cocok untuk perusahaan atau jualan online. Bingung soal konten merupakan suatu hal wajar yang sudah banyak dialami banyak orang. Jadi tidak hanya kamu saja. Yang tidak wajar adalah jika kamu bingung tetapi tidak mencari solusi terbaik untuk memecahkan masalah tersebut. Semoga setelah membaca artikel dari Jawon Virtual Marketing tentang ide konten kreatif di media sosial yang bisa kamu terapkan di akun kamu. Tetapi sebelum itu Kami mau bertanya satu hal, yaitu

Apa tujuan kamu membuat sebuah konten kreatif di Instagram atau media sosial? (Simpan saja jawaban mu di dalam hati, dan mari lanjut untuk membaca paragraf berikutnya)

Tujuan setiap orang dalam menyusun sebuah konten jelas berbeda-beda. Jadi kamu setidaknya kammu harus tahu jenis-jenis konten kreatif seperti apa yang cocok atau selaras dengan tujuan awal pembuatan konten. Apabila konten yang kamu posting itu cocok dengan tujuan kamu dan audiens, maka tujuan akhirnya adalah postingan tersebut banyak mendapatkan like, share,klik dan komentar. (benar tidak?)

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan ketika berhasil membuat konten bermanfaat untuk audiens adalah akun Instagram/media sosial kamu akan mendapatkan banyak kepercayaan dari konsumen. Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan ide konten kreatif media sosial? Caranya adalah mengetahui dan memahami jenis koten menarik di Instagram.

Jenis-Jenis Konten Instagram Untuk Bisnis

1. Konten Yang Menghibur

Jangan terlalu fokus dengan konten jualan terus broo, jika ingin followers-mu bertambah dan tidak berkurang. Cara membuat konten yang menghibur merupakan cara yang paling efektif, agar audiens terhibur dan memberikan like,share dan komentar. Berikan konten viral yang menghibur, minimal satu minggu sekali misal, tapi jangan terlalu sering. Nanti takutnya akun bisnis online kamu malah beralih ke akun komedi (ha ha ha).

2. Konten Edukasi

Setelah memberikan konten hiburan langkah selanjutnya adalah memberikan konten edukasi yang bermanfaat untuk audiens. Berikan konten edukasi seperti memberikan infromasi terbaru dan berdasarkan fakta. Jangan memberikan informasi hoak atau yang dapat menyinggung perasaan orang lain. Kuncinya, temukan masalah audiens dan berikan edukasi dari masalah tersebut.

3. Konten Untuk Mengajak

Konten ini bertujuan untuk mengarahkan audiens ke suatu tindakan yang kamu perlukaan pada saat itu. Contoh konten ajakan seperti mengajak audiens untuk mengisi formulir bantuan dana sosial.

4. Konten Question and Answer

Sudah pernah membuat konten Instagram berupa Q & A ? Jika kamu sama sekali belum pernah memosting jenis konten Question and Answer, cobalah mungkin minggu-minggu ini untuk membuatnya. Anggap saja konten ini sebagai hiburan untuk admin Instagram dan audiens. Karena dampat menumbuhkan interaksi, jika kamu berhasil memancing konsumen.

Contoh Question and Answer seperti membuat beberapa pertanyaan tentang produk yang kamu jual di story (misal) atau bis juga dalam bentuk postingan. Tetapi yang paling cepat lewat story Instagram.

Dan ketika audiens terpancing untuk memberikan jawaban, tugas seorang admin adalah membangun sebuah interaksi dengan gaya santai. Jangan terlalu formal ketika menjawab konten Question and Answer. Justru ini adalah kesempatan kamu untuk membangun sebuah hubungan dengan konsumen. Kamu juga bisa memberikan hadiah kecil apabila followers-mu dapat menjawab pertanyaan sesuai jawaban.

5. Kuis

Berikan KUIS BERHADIAH untuk audiens di akun Instagram-mu. Tidak usah terlalu rumit, buatlah semacam kuis yang umum saja dan mudah dipahami oleh audiens. Sehingga mereka berminat untuk ikut serta menjawab kuis tersebut. Lebih baik kuis yang mudah dan dapat memancing banyak followers dan yang benar akan mendapatkan semacam hadiah.

Contoh kuis di Instagram seperti sayumbara untuk menjawab sebuah pertayaan tentang sejarah Indoensia. Kemudian jika ada yang berhasil menjawab akan mendapatkan voucer belanja atau pulsa DLL

6. Giveaway

Jenis konten menarik di instagram yang ke enam adalah Giveaway. Sudah berapa kali kamu pernah mengikuti giveaway? Pasti hasilnya, gak pernah dapat giveaway kan (hahaha, sama). Teryata giveaway ini berbeda dengan kuis loh. Perbedaan ini hanya terletak pada syarat untuk mendapatkan giveaway.  Syaratnya simpel sih, biasanya audiens hanya di suruh untuk share, tag ke beberapa teman,  berikan like dan komentar. Setelah itu setiap akun yang sudah syarat tersebut akan dipilih secara acak menggunakan sebuah aplikasi untuk menentukan siapa yang layak mendapatkan giveaway dari beberapa ribu komen.

Cara giveaway ini juga bagus untuk menambah jumlah Followers dan untuk meningkatkan engagement. Dan akan sangat membantu membantu nama sebuah brand supaya terkenal lebih luas lagi.

7. Quote atau Kutipan

Audiens akan dengan mudah memberikan like, komenatar dan share ketika sebuah postingan cocok dengan pikiran dan kondisi hati mereka. Banyak orang-orang diluar sana yang sedang mengalami kesusuhan dalam hidupnya, hilang semangat dalam bekerja atau soal cinta.

Nah, dari situlah kamu masuk ke dalam hati mereka yang sedang galau untuk membuat konten berupa quote atau kutipan sesuai target yang kamu harapakan. Misal kamu manargetkan untuk seorang pembisnis. Jadi kutipan yang bisa dijadikan konten tentang semangat untuk membangun sebuah usaha, atau proses untuk mencapai kesuksesan dan masih banyak lagi. Tinggal buka Google dan cari kutipan atau quote yang berasal dari orang-orang terkenal di dunia.

8. Testimonial Klien

Pasti kamu sudah paham lah ya tentang postingan testimonial dari klien. Tetapi menurut kamu, lebih bagus dan efektif mana antara testimoni berupa vidio dengan foto ?? Entah apa jawaban kamu, tetapi kalau menurut Kami yang paling efektif dan JOS adalah berupa vidio. Bagaimana, apakah kamu setuju??

Pikiran yang akan muncul ketika aduiens melihat foto testimoni biasanya adalah “aah itu pasti hanya setingan, bayar orang” dan lain-lain. Jadi rasa kepercayaan mereaka dengan produk tidak penuh masih ada keraguan. Beda lagi dengan testimoni beruapa vidio pasti calon konsumen akan lebih mudah memahami dan dipercaya, bahwa produk tersebut memang keren.

Itulah 8 Jenis konten menarik di Instagram atau media sosial. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu kamu untuk membuat konten yang menarik. Perbanyak action, terus mencoba dan jangan lupa untuk melakukan evaluasi di setiap postingan. Selamat mencoba.

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *