Jawon Virtual Marketing | Jasa Kelola Website | Jasa SEO Website | Jasa Digital Marketing | Kelola Sosial Media | Buat Website Berkualitas | Oprimasi dan Kelola Wordpress

Tenik menulis copywriting jualan

Teknik Menulis Copywriting Jualan Paling Manjur

Teknik menulis copywriting jualan – Ingin meningkatkan omset penjualan hanya dengan mempercantik penulisan copywriting? Ingin!! Tetapi belum begitu mahir untuk menulis kata-kata yang ciamik untuk menghipnotis para konsumen. Tenanglah, karena Jawon Virtual Marketing kali ini akan membagikan beberapa teknik yang biasa digunakanoleh seorang copywriter, dan yang parah teknik ini belum banyak diterapkan oleh banyak orang ketika menulis copywriting.

Tetapi sebelum masuk ke pembahasan inti, kamu harus tahu terlebih dahulu nih, apa itu copywriting yang sebenarnya? Copywriting adalah sebuah karya dalam bentuk tulisan yang telah disusun sedemikian rupa, yang bertujuan untuk membujuk pembaca agar mengikuti perintah yang kamu mau. Seperti perintah untuk membeli sebuah produk atau jasa yang kamu tawarkan ke calon konsumen.

Apabila di lihat dari pengertian tersebut, dapat di simpulkan copywriting saat ini menjadi senjata paling penting untuk jualan online. Oleh sebab itu, saat ini beberapa perusahaan sedang berlomba-lomba mencari karyawan yang memiliki skil dalam membuat headline copywriting dan isinya. Jadi bagaimana, apakah kamu saat ini sudah bekerja sebagai copywriter disebuah perusahaan atau masih orang baru yang penasaran copywriting dan memiliki keinginan untuk belajar? Berikut adalah teknik menulis copywriting jualan paling ampuh.

Belajar Copywriting Jualan Untuk Pemula

1. Pelajari Produk atau Layanan Anda

Apakah selama ini kamu sudah menguasai produk atau layanan yang ingin kamu berikan ke konsumen, untuk menjadi bahan dalam penulisan copywriting jualan. Jika kamu sudah mempelajari dan menguasai produk kamu sendiri atau produk dimana tempat kamu bekerja, saya jamin kamu akan lebih mudah menemukan kata-kata special dan menjadi sebuah copywriter yang cerdas.

Setelah kamu berhasil mempelajari produk, lalu kamu bisa menuliskan beberapa kata  dalam bentuk deskripsi. Kamu bisa menuliskan tentang, apa yang unik dari produk, produk yang di jual memiliki fitur apa saja dan manfaat sebuah produk ketika digunakan.

2. Apa yang Unik dari Produk Tersebut

Temukan keunikan dari produk kamu. Karena sebuah produk yang unik dapat membuat calon pembeli penasaran dan berminat untuk memiliki. Jadi jelaskan sedikit keunikan dari jualan kamu ke dalam sebuah copywriting.

3. Apa Saja Fiturnya

Seperti apa fitur yang bisa kamu masukan ke dalam sebuah copywriting? Jika kamu masih bingung Kami akan memberikan sedikit contoh. Misal kamu seorang yang menjual kopi herbal yang mengandung gingseng dan bahan alami lain. Nah, fitur seperti gingseng dan bahan alami ini bisa kamu masukan ke dalam sebuah copywriting untuk sanjata agar konsumen membaca dan membeli produk kamu.

4. Apa Manfaat yang Didapatkan Dari Fitur Tersebut

Setalah kamu menjelaskan fitur yang ada di dalam sebuah produk, langkah selanjutnya melakukan penjelasan tentang manfaat fitur-fitur tersebut untuk konsumen. Contoh, kamu jualan kopi herbal, maka kamu bisa menjelaskan manfaat kopi herban tersebut untuk daya imun tubuh di masa pandemi.

5. Tentukan Headline yang Memikat

Apa yang pertama kali dilihat dan di baca ketika melihat pamflet atau iklan di pinggir jalan dan internet? Dari kebanyakan orang pasti akan melirik pada bagian headline terlebih dahulu. Kemudian lanjut kebagian isi (jika headline kamu menarik). Iya kan, kamu pasti gitu juga.

Melihat kebiasaan masyarakat yang seperti ini, membuat para copywriter selalu berfikir keras dalam menentukan headline yang memang benar-benar cocok dan membuat mata yang meilihat manjadi penasaran untuk membaca iklan sampai selesai.

Cara untuk mendapatkan ide sebuah headline, kamu bisa cantumkan ersentase, buat kata yang membuat pembaca penasaran dan ingin membeli dan kamu juga bisa menawarkan manfaat.

6. Dukung Headline dengan Lead yang Menarik

Headline merupakan garda terdepan untuk menarik calon pembeli yang lebih banyak. Dengan catatan kamu berhasil membuat headline dengan lead yang menarik loh. Untuk mendapatkan sebuah headline yang menarik perlu didukung dengan lead yang menarik juga dong. Makanya jangan sembarangan dalam menentukan kata-kata dibagian headline.

Agar kamu bisa mendapatkan ide headline yang menarik, silahkan untuk mencari sebuah fakta yang terjadi di tengah masyarakat, yang berkaitan dengan produk kamu. Selain itu kamu juga menunjukan empati atau kamu juga bisa membuat headline yang membuat rasa penasaran audiens.

7. Tulis Copy yang Berkualitas

INGAT ! Jangan terlalu fokus memikirkan headline sehingga kamu lupa untuk merancang tulisan yang enak untuk dibaca. Copy ini adalah bagian inti dari sebuah copywriting. Tips agar copy kamu mantab dan tidak terlalu bertele-tela, adalah dengan cara targetkan satu orang, jangan menargetkan banyak orang di dalam satu copywriting. Setelah itu kamu juga bisa menjelaskan manfaat sebuah produk dan masih banyak lagi.

8. Akhiri dengan Persuasi

Jangan lupa untuk diakhiri dengan persuasi broo. Percuma saja dong jika kamu menulis sebuah copywriting tetapi di bagian akhir tidak ada unsur kata untuk mengajak calon pembeli. Cara yang paling cocok untuk persuasi adalah dengan menggunakan call to action (CTA). CTA nanti bisa beruapa sebuah tombol Whastapp, bannner dan formulir yang berisi sebuah ajakan untuk memesan sebuah produk setelah membaca copywriting.

Itulah 8 teknik menulis copywriting jualan. Semoga 8 teknik ini berguna untuk penulisan copywriting kamu untuk iklan dan jualan. Selamat mencoba dan jangan patah semangat untuk selalu berlatih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *