Jawon Virtual Marketing | Jasa Kelola Website | Jasa SEO Website | Jasa Digital Marketing | Kelola Sosial Media | Buat Website Berkualitas | Oprimasi dan Kelola Wordpress

Cara Membeli Domain

Cara Membeli Domain Plus Hosting Bagi Pemula

Cara membeli domain bagi pemula terkadang membuat pusing kepala, karena sebelumnya memang sama sekali belum pernah membeli domain. Ditambah lagi dengan membeli hosting. Maka sebaiknya sebelum memilih dan membeli hosting plus hosting, kamu harus cari tahu dulu tentang cara membeli domain untuk pemula.

Sebab saat ini sudah banyak artikel yang memberikan panduaan bagaimana cara membeli domain di Google. Tapi kalau kamu bukan tipe orang yang suka membaca, alternatifnya cari langkah membeli domain dan hosting di Youtube. Beda cerita kalau kamu memiliki teman yang sudah berpengalaman membeli domain dan hosting, tidak ada salahnya kamu bertanya ke teman.

Tapi jika kamu memilih untuk belajar membuat website sendiri secara mandiri lewat artikel, maka artikel ini solusinya. Tapi sebelum masuk ke pembahasan paling inti, mari kita ingat-ingat kembali pengertian hosting dan domain, agar kamu tambah paham. Berikut penjelasanya.

Apa itu Domain?

Domain adalah sebuah nama website yang sudah kamu tentukan yang nantinya akan menjadi identitas bisnis online kamu di halaman Google. Dalam membeli domain kamu juga harus memilih ekstensi domain apa yang cocok untuk jenis bisnis kamu.

Kebanyak di Indonesia menggunakan ekstensi .com. Tapi tidak ada salahnya jika kamu menggunakan ekstensi lain seperti .id, .co.id, .net dan lain-lain, bisa kamu temukan nanti saat mengunjungi halaman penyedia domain.

Pengertian Hosting

Hosting kalau di handphone itu seperti RAM. Jadi hosting ini memiliki fungsi untuk menyimpan semua data yang ada di website. Penyedia layanan hosting biasanya akan memberikan penawaran beberapa paket ukuran hosting.

Mulai dari 2 GB, 4 GB, 6 GB dan paket lainya. Tinggal pikirkan saja kebutuhan kamu ingin menyewa hosting yang berapa GB. Untuk biaya pembayaran hosting ada yang sebulan, tiga bulan, enam bulan, satu tahun dan ada yang 3 tahun (setiap layanan hosting berbeda-beda).

Cara Membeli Domain Bagi Pemula

1. Siapkan dulu nama domain

Sebelum kamu mencari layanan untuk beli domain, jangan lupa untuk membuat 1 nama yang akan kamu jadikan identitas website baru.

2. Cari penyedia layanan domain murah dan terpercaya

Caranya gampang, cukup buka Google, tulis “layanan domain terpercaya”. Maka kamu akan beberapa layanan domain terpercaya di halaman Google.

3. Tuliskan nama domain dan ekstensi domain

Setelah kamu sudah menentukan nama layanan untuk membeli domain, langkah berikutnya tuliskan nama domain dan ekstensi domain apa yang ingin kamu gunakan (.com misalnya) kamu pada bagian kolom “cek domain”. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah nama domain dengan ekstensi tersebut masih tersedia alias belum terpakai apa belum.

Jika nama tersebut belum terpakai maka akan muncul nama yang sudah kamu buat, tapi kalau sudah terpakai kamu akan mendapatkan beberapa referensi nama domain yang hampir mirip. Biasanya beda ekstensi domain.

4. Pilih durasi domain

Setelah nama domain kamu tersedia, kamu akan memasuki halaman untuk menentukan lama durasi, bebas mau menggunakan yang 1 th, 2 th atau 3 th.

5. Proses pembayaran

Langkah kelima setelah kamu menentukan lama durasi pembelian domain adalah melakukan transaksi pembayaran. Biasanya layanan penyedia domain memiliki semua nama bank untuk proses pembayaran.

Kadang ada juga yang menyediakan pembayaran otomatis yang hanya membutuhkan sedikit waktu untuk transaksi. Tapi kebanyakan orang biasanya menggunakan metode pembayaran manual melalui transfer bank dan setelah itu kamu akan menunjukan bukti pembayaran untuk kemudian sebagai tanda bukti untuk mengaktifkan domain yang kamu beli.

Baca Juga : Cara Agar Website Muncul Di Halaman Pencarian Google

Cara Membeli Hosting

  1.  Pilih layanan penyedia layanan hosting murah dan terpercaya
  2.  Kunjungi halaman penyedia layanan hosting yang kamu inginkan di Google, lalu cari paket yang ditawarkan oleh layanan tersebut. Nah kemudian kamu akan melihat beberapa nama paket menarik yang bisa kamu beli. Lalu klik pilih paket yang kamu inginkan.
  3.  Selanjutnya kamu harus memilih lama durasi paket hosting untuk nama domain kamu. Mulai dari perbulan, tiga bulan, enam bulan, satu tahun hingga 3 tahun.
  4.  Pilih Domain baru. Setelah menentukan durasi pemakain hosting, kamu akan menemukan kolom tentang keperluan kamu . Jika untuk website baru, maka pilih “domain baru”.
  5.  Setelah itu akan muncul total tagihan sesuai paket yang kamu pilih. Lalu tinggal pilih ingin melakukan pembayaran otomatis atau transfer lewat salah satu nama bank. Sama seperti ketika membeli domain di awal tadi. Jangan lupa untuk menyertakan bukti pembayaran hosting.
  6.  Setelah semua transaksi selesai hosting kamu akan aktif dan sudah bisa untuk digunakan pada nama domain atau website.

Sekian informasi tentang cara membeli domain plus hosting bagi pemula. Jika kamu merasa belum yakin dengan kemampuan diri kamu sendiri untuk membuat website dan kamu memiliki budget, lebih baik gunakan jasa pembuatan website profesional. Tidak hanya pembuatan website saja, layanan yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan jasa pembuatan website adalah tampilan website/desain sudah jadi. Jadi kamu tidak perlu ribet-ribet mikir lagi bagaimana cara membuat desain website yang keren.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *