Jawon Virtual Marketing | Jasa Kelola Website | Jasa SEO Website | Jasa Digital Marketing | Kelola Sosial Media | Buat Website Berkualitas | Oprimasi dan Kelola Wordpress

Cara Mengelola Google My Business

Cara Mengelola Google My Business, Agar Toko Kamu Semakin Kondang

Pengen bisnis kamu dapat dilihat banyak orang dan dapat ditemukan di penelusuran Google? Tahu tidak, kalau kamu bisa mengelola profil bisnis kamu melalui Google bisnisku atau lebih dikenal dengan Google My Business dengan gratis???

Kalau belum tahu, kamu wajib baca artikel ini pokoknya 🙂

Dengan mengelola Profil bisnis di Google my Business, profil bisnis kamu dapat ditemukan pelanggan di Google Maps dan di dalam mesin pencarian. Google My Business adalah tool yang disediakan Google untuk membantu mengembangkan sebuah bisnis dan mendapat tampilan profil secara gratis di halaman hasil pencarian (SERP).

Disini kamu akan mempelajari bagaimana cara mengelola Google My Business. Untuk mulai mendaftar, kamu harus menyiapkan akun Google bisnis kamu dulu. Bagi kamu yang mungkin baru tahu dan tidak tahu cara mengelola Google My Business, simak artikel ini sampai akhir ya.

Cara Mendaftar Google Bisnisku

Kamu dapat menggunakan akun Gmail khusus bisnis untuk mengelola profil di Google My Business. Kamu dapat mendaftar di Google My Business atau kamu dapat memverifikasikan profil yang sudah ada.Dengan melakuakan langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama, kamu sign in ke akun Google kemudian kunjungi halaman Google Bisnisku, dan klik tombol mulai sekarang.
  • Kedua, isi nama bisnis kamu.
  • Lalu isi alamat bisnis kamu dengan benar.
  • Kamu dapat pilih area pengiriman.
  • Dan pilih letak bisnis kamu di Google Maps
  • Pilih kategori bisnis kamu dan isi informasi kontak bisnis.
  • Terakhir, verifikasikan akun Google My Business kamu.

            Jika kamu sudah mendaftar akun bisnis kamu dan kalau sudah diverivikasi, kamu dapat:

  • Mengedit profil bisnis kamu dengan perbaharui informasi tentang bisnis kamu dan jam operational bisnis kamu.
  • Mempromosikan bisnis kamu dengan menambahkan gambar dan informasi baru agar terlihat berbeda di Google.
  • Berinteraksi langsung dengan pelanggan dengan menanggapi ulasan dan pernyataan mereka.

Jika kamu ingin temukan Profil Bisnis kamu, kamu dapat telusuri nama bisnis kamu di Google Maps. Jikalau sudah ada orang lain yang mengelola bisnis kamu, kamu dapat menambahkan pemilik dan pengelola bisnisnya serta kamu dapat menghapus diri kamu melalui Google My Business.

Cara Mengelola Profil Bisnis Melalui Google Maps

Untuk mengelola profil bisnis kamu langsung di Google Maps:

  1. Buka aplikasi Google Maps di Komputer atau tablet kamu.
  2. Sign in ke akun Google yang kamu gunakan untuk daftar di Google My Business.
  3. “Klik” di kanan atas untuk membuka Profil Bisnis kamu, klik lingkaran akun Profil Bisnis kamu.
  4. Pilih edit atau tambahkan foto di opsi yang tersedia.

Setelah proses pendaftaran dan verifikasi sudah selesai, kamu bisa mulai dengan melengkapi profil Google My Business. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi perhatikaan khusus melakukan optimasi profil Google My Business milikmu.

Optimasi Google My Business Yang Benar

1. Deskripsi Bisnis

Setelah mendapat akses, kamu dapat melengkapi informasi dasar business kamu. Informasi bisnis ini akan muncul di hasil penelusuran untuk profil bisnis kamu.

Dalam deskripsi bisnis ini, kamu bisa masukan nama website, alamat, nomor telepon and waktu operational dari bisnis, foto dan detail pembayaran untuk memudahkan pelanggan mengetahui tentang bisnismu.

2. Foto Lokasi

Dengan menambahkan foto lokasi dalam profil bisnis kamu akan memudahkan para pengunjung untuk mendapatkan gambaran mengenai bisnis kamu dengan baik.

Mungkin kamu merasa ini tidak terlalu penting untuk di catumkan di profil bisnis. Dalam membangun reputasi dan image dari bisnis kamu, foto lokasi sangat penting. Karena, pengunjung akan lebih tertarik untuk kunjungi profil bisnis yang ada foto lokasinya. Apalagi jika kamu sudah paham tetang strategi pemilihan warna untuk jualan, pasti akan lebih mantab tuh.

3. Ulasan di Google My Business

Ulasan adalah salah satu hal penting untuk membangun reputasi bisnis dan menambah pelanggan. Dalam Google My Business Google menyertakan fitur ini untuk memungkinkan pelanggan untuk menaru ulasan mengenai bisnismu.

Setiap ulasan pelanggan sangat penting, jadi sebagai pemilik bisnis kamu harus membalas setiap ulasan dari pelanggan.

Ketika bisnis kamu muncul di halaman pencarian, ulusan-ulasan juga akan tayang sebagai informasi dari bisnismu. Tetapi, kadang review tersebut juga tidak muncul di halaman review. Ada beberapa penyebab ulasan pelanggan tidak muncul di Google Bisnisku.

Cara Memperbarui Profil Bisnis Kamu di Google Penelusuran

Untuk memperbarui profil bisnis kamu langsung di google penelusuran:

  • Login ke akun Google yang kamu gunakan untuk mendaftar ke Google My Business.
  • Untuk menemukan Profil bisnis kamu, kamu bisa cari nama yang sama dengan bisnis kamu di Google. Kamu juga dapat mencari dengan kata my business.
  • Kalau kamu ingin memperbarui profil bisnismu, kamu bisa pilih lihat profil.
  • Di menu di atas hasil penelusuran, kamu bisa pilih edit profil, pelanggan atau promosikan.

Cara Berhenti Memperbarui Profil Bisnis

Jika kamu ingin berhenti mengelola profil bisnis, kamu bisa hapus bisnis dari akun Google kamu. Tetapi, hal ini tidak akan menghapus profil kamu dari Google Maps dan Penelusuran. Sebelum kamu menghapus bisnisnya dari akun, tandai dulu bisnisnya tutup permanen.

Itulah informasi mengenai cara mengelola Google My Business yang perlu kamu pelajari untuk membuat halaman di Google my Business. Manfaatkanlah Googel My Business untuk membangun kehadiran bisnis kamu secara online. Akan terasa kurang jika kamu tidak memanfaatkan Google Bisnisku.

Di era digital ini, hampir semua aktivitas bisnis menggunakan strategi marketing secara online termasuk informasi, kantor, toko, restoran, hotel dan tempat-tempat di sekitar. Sekian pembahasan tentang cara mengelola Google My Business,  semoga informasi ini bermanfaat ya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *