Jawon Virtual Marketing | Jasa Kelola Website | Jasa SEO Website | Jasa Digital Marketing | Kelola Sosial Media | Buat Website Berkualitas | Oprimasi dan Kelola Wordpress

Fungsi Media Sosial Untuk Bisnis

Fungsi Media Sosial Untuk Bisnis UMKM dan UKM

Fungsi media sosial untuk bisnis – Media sosial merupakan media secara online yang bisa digunakan siapapun, kapanpun dan dimanapun kamu berada. Faktanya semua orang di dunia pada zaman sekarang, tidak bisa terlepas dari yang namanya media sosial. Kamu sendiri juga begitu bukan, pasti akan merasa bingung dan aneh ketika berada di tempat umum tidak bermain dengan sosial media ini.

Semua orang menggunakan media sosial untuk berbagai kepentingan, baik untuk bekerja, bercengkrama dengan keluarga atau teman, bertemu teman lama dan reuni bahkan untuk berbisnis. Sebagai media yang bisa diakses oleh banyak orang, pebisnis memanfaatkan hal ini untuk membuat sebuah strategi promosi atau strategi untuk bisnis yang bisa dikatakan gratis tanpa dipungut biaya.

Terutama bisnis online lewat Instagram. Untuk sukses berbisnis lewat Instagram hal yang dibutuhkan hanya biaya fasilitas kerja berupa laptop,wifi,HP dan SDM yang bekerja saja. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa medsos memiliki banyak peminat bagi pelaku bisnis online untuk branding, jualan dan menawarkan jasa. Selain alasan tersebut, ada juga beberapa alasan kenapa orang ingin menggunakan sosial media untuk membangun bisnis. Berikut penjelasanya.

Sudahkah Kamu Memaksimalkan Penggunaan Sosial Media untuk Meningkatkan Pemasaran Bisnis Kamu?

Manfaat Media Sosial Untuk Membangung Bisnis Online

1. Meningkatkan Brand Awareness dan Loyalitas Pelanggan

Ketika kehadiran bisnis kamu terlihat di media sosial, hal ini akan membuat pelanggan lebih mudah untuk menemukan dan terhubung dengan bisnis kamu. Selain itu juga akan membuat kamu lebih mudah untuk meningkatkan retensi pelanggan dan loyalitas brand.

Loyalis ini terbangun karena banyak masyarakat yang mulai aktif mencari sebuah informasi lewat sosial media dari pada website. Dari situ lah banyak orang lebih senang berinteraksi lewat akun akun bisnis lewat media sosial yang cenderung lebih mudah dan simpel. Agar kamu lebih paham tentang brand awareness, silahkan membaca bagaimana cara meningkatkan brand awareness melalui digital marketing

2. Untuk Menjalin Hubungan Dengan Konsumen dan Calon Konsumen

Media sosial sebagai media promosi mempunyai nilai plus dibandingkan media promosi lainnya. Dengan menggunakan medsos para pelaku bisnis bisa dengan mudan untuk melakukan interaksi dengan konsumen dan calon konsumen. Dan kamu sebagai pelaku bisnis juga bisa langsung mengetahui apa yang konsumen saat ini keluhkan untuk kemudian melakukan evaluasi.

Hasil evaluasi ini nanti biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat copywriting. Sebab dengan sudah tahu masalah target market kamu, dan kamu sudah mengetahui beberapa keluhan mereka tentang sebuah produk maka kamu bisa menggunakan kendala tersebut sebagai bahan untuk membuat tulisan yang menjual atau untuk bahan kampanye produk.

3. Untuk Menjangkau Lebih Banyak Orang

Tak perlu dijelaskan lagi berapa banyak orang yang telah menggunakan media sosial di bumi ini. Yang pasti banyak dan akan terus meningkat, apalagi di Indonesia, yang anak-anak kecil saja sudah jago bermain dengan media sosial.

Melihat fenomena tersebut, memungkinkan para pelaku bisnis dapat menjangkau calon konsumen lewat medsos dengan lebih banyak, dengan target market masing-masing. Tinggal bagaimana cara membuat konten edukasi dan konten penawaran yang menarikDengan menggunakan tools untuk mencari ide konten sehingga bisa menarik lebih banyak konsumen.

4. Bisa Menjalankan Iklan Secara Real Time

Pernah menggunakan iklan sebagai media promosi lewat media sosial? Jika belum silahkan untuk mencoba terlebih dahulu, baru kamu tahu hasilnya bagaimana. Hehehe. Sebab iklan di sosial media tidak memakan banyak biaya, selain tidak mahal juga bisa menjadi cara untuk mempromosikan bisnis serta mendistribusikan konten-konten berkualitas kamu.

Tidak hanya murah, iklan juga menawarkan beberapa pilihan penargetan yang kuat sehingga kamu bisa mencapai target market sesuai dengan keinginan bisnis kamu. Untuk masalah laporan iklan, kamu juga akan mendapatkan laporan harian secara detail yang mudah untuk dipahami, untuk kemudian mudah melakukan evaluasi.

5. Dapat Juga Meningkatkan Traffic Website

Bagi kamu yang sudah memiliki website, fungsi media sosial untuk bisnis yang berikutnya adalah dapat meningkatkan traffic website. Sehingga sosial tidak hanya membantu kamu mengarahkan orang ke website, tetapi kamu juga akan mendapatkan posisi teratas hasil pencarian Google.

Karena semakin banyak orang yang mengunjungi website kamu, dan konsumen melakukan share. Maka semakin hari website kamu akan memiliki performa baik, nama bisnis semakin terkenal. Karena sering muncul di halaman Google, dan yang terakhir omset bisnis juga akan meningkat.(Aamin)

6. Berbagi Konten Lebih Cepat Dan Mudah

Ketika media sosial belum secanggih sekarang, orang marketing jaman dahulu sering memikirkan bagaimana caranya supaya konten-konten yang mereka buat dapat dengan cepat mencapai ke audience.

Tetapi seiring berjalanya waktu dan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kini jenis-jenis media sosial sudah memiliki kemampuan khusus yang mampu memperluas konten-konten yang sudah diposting untuk bisa dijumpai oleh banyak orang. Tinggal bagaimana teknik marketing dan optimasi media sosial yang mereka gunakan.

7. Bisa Untuk Meningkatkan Penjualan dan Omset Jualan

Fungsi media sosial untuk bisnis yang terakhir adalah bisa untuk meningkatkan omset penjualan. Mengingat jumlah pengguna aktif media sosial yang semakin hari semakin banyak, hingga satu orang yang memiliki beberapa akun. Dengan inilah para pelaku bisnis dapat mengeruk keuntungan yang lebih besar hanya lewat medsos.

Jadi social media memang menjadi jalan yang paling efektif untuk mempromosikan produk/jasa kamu agar lebih mudah terjangkau konsumen.

Jenis-Jenis Media Sosial Yang Cocok Digunakan untuk Jualan

Untuk saat ini ada berapa jenis media sosial yang ada di HP kamu? Menurut Jawon Virtual Marketing ada 3 nama media sosial yang efektif untuk membangun bisnis online, berikut penjelasanya :

1. Aplikasi Facebook

Facebook menjadi rekomendasi pertama karena banyak orang menjual berbagai jenis barang, entah itu barang bekas, barang baru, makanan, hewan dan lain” (yang sekiranya bisa ada peminat untuk membeli, maka mereka posting di Facebook). Mantapnya, juga ada yang membeli barang tersebut dan ada peminatnya juga. Itu kan menandakan bahwa media sosial ini seperti memang khusus untuk jualan dan saling berbagi informasi.

Selain itu di Facebook juga penggunanya tidak hanya anak muda dan anak kecil,  banyak juga dari kalangan tua. Jadi jika target market kamu orang tua, maka kamu bisa menggunakan Facebook ini untuk bisnis online.

2. Aplikasi Instagram

Manfaat Menggunakan Instagram Reels Untuk Jualan

3. Aplikasi Tiktok

Media sosial tikok yang  belum lama buming di berbagai dunia karena keseruan dalam memposting video dengan alunan musik dangdut dan remix nya. Pada waktu itu juga, sempat para pengguna Instagram  beralih menggunakan Tiktok. Tapi setelah IG mengeluarkan Rels, nampaknya sekarang Imbang. Hehe.

Tiktok juga bisa memiliki peran efektif sebagai media promosi loh, tentu dengan konten dalam bentuk video. Postingan video pun akan kreatif dan unik, sehingga dapat menarik banyak audience. Nah jika kamu jago dalam dance atau edit video hanya menggunakan HP. Cobalah juga untuk menggunakan aplikasi Tiktok ini untuk media promosi.

Sekian informasi tentang fungsi media sosial untuk bisnis dan jenis media sosial yang paling cocok untuk bisnis di era sekarang. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kamu dalam digital marketing milenial. Selamat mencoba…..

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *