Jawon Virtual Marketing | Jasa Kelola Website | Jasa SEO Website | Jasa Digital Marketing | Kelola Sosial Media | Buat Website Berkualitas | Oprimasi dan Kelola Wordpress

Jenis bisnis di sosial media

Jenis Bisnis Di Sosial Media Yang Bisa Bikin Kamu Jadi Sultan

Jenis bisnis di sosial media – Zaman dulu, untuk memulai sebuah bisnis pasti harus memiliki sebuah bangunan untuk toko atau lokasi untuk menjual produk/jasa. Namun, hal itu berbeda 180 derajat dengan keadaan hari ini.

Sebab pada zaman sekarang kamu tidak perlu mempunyai tempat untuk berjualan atau toko untuk membangun bisnis/jasa. Dengan kemajuan teknologi yang kian berkembang setiap saat, peluang bisnis pun semakin besar untuk di pasarkan lewat dunia social media.

Dan karena hal ini kamu bisa memulai karir bisnis hanya melalui sosial media. Apa saja sih bisnis yang cocok dibangun lewat sosial media saat ini? Penasaran apa saja? Yuk, simak sampai selesai ya.

Jenis Bisnis Yang Hanya Bermodal Sosial Media

1. Bisnis Sebagai Kontent Kreator

Yang paling banyak dibangun akhir-akhir ini di social media adalah, bisnis sebagai konten kreator. Apa itu konten kreator? Konten creator adalah sebutan bagi seseorang yang membuat berbagai materi konten lewat sebuah tulisan, gambar, video ataupun suara.

Nah, konten-konten yang dibuat para konten creator biasa dimuat di platform digital seperti; YouTube, Instagram, Facebook, Snapchat, WordPress, dan lain sebagainya. Kalau kamu mempunyai keahlian di bagian ini, kamu bisa berbisnis melalu social media dengan cara membuat konten-konten menarik yang kamu buat.

Kamu bisa memulai sebuah konten dengan topik-topik menarik seperti fashion, beauty, kuliner dan lain sebagainya. Jikalau kamu niat dalam melakukan konten,  follower, subscriber, adsense akan mengikutimu dengan sendirinya.

2. Jasa Pembuatan Landing Page

Yang kedua adalah jasa pembuatan landing page.  Apa itu landing page? Kita pasti sering melihat orang mempromosikan bisnis dan produknya melalui media poster dan brosur di dunia offline. Dengan media tersebut, orang bisa kenal akan bisnis dan produk kita dari brosur yang di promosikan. Orang yang melihat brosur dan poster kita kemudian akan menghubungi melalui nomor telepon ataupun email yang ada di dalam brosur.

Nah, kalau di dunia pemasaran online, media brosur dan poster diganti dengan landing page. Landing page bisa dibilang brosur digital, yang perannya sangat penting untuk meningkatkan konversi penjualan. Jikalau kamu mempunyai kemampuan membuat landing page. Kamu bisa menjual jasa kamu kepada pebisnis online yang membutuhkan jasa membuat landing page mereka di website ataupun di platform digital lainnya.

3. Jasa Menulis Artikel dan Copywriting

Poin yang ketiga yang adalah menjadi jenis bisnis di sosial media adalah, jasa menulis atau yang biasa dibilang dengan copywriting. Apa itu copywriting? Dalam dunia online marketing, penghubung antara seorang penjual dan pembeli adalah melalui media tulisan, gambar dan video. Copywriting merupakan tulisan yang ditulis oleh seorang copywriter, tujuannya disebarkan untuk kepentingan komersil.

Copywriting untuk iklan di website, landing page, televisi, majalah, koran dan media lainnya. Dengan perkembangan teknologi dan internet yang maju, copywriting menjadi salah satu hal yang wajib ada.

Copywriting sangat penting dalam sebuah bisnis, jadi setiap pebisnis pasti membutuhkan yang namanya copywriting untuk bisnisnya. Jika kamu mempunyai kehalian menyederhanakan bahasa bisnis ke bahasa yang sederhana sehingga orang yang membaca mudah untuk memahami, kamu bisa memulai karir bisnis di social media melalui copywriting atau menulis.

Baca Juga : Hasilkan Uang Lewat Media Sosial

4. KOL dan Influencer

Apa itu Key Opinion Leader (KOL) dan Influencer? Pasti banyak pengguna social media mengenal yang namanya influencer yang begitu popular. Sebagai public figure terutama di dunia social media, mereka sering bekerja dengan perusahaan. Untuk mempromosikan brand dari perusahaan kepada ribuan followers mereka.

Berbeda dengan influencer, KOL atau key opinion leader adalah, seseorang yang ahli dalam bidang terntentu, yang pendapatanya valid karena pemahamannya terhadap bidang tertentu.

Contoh KOL adalah seperti Chef Juna. Banyak KOL yang sudah memiliki kepercayaan banyak orang, tentu dengan kehalian masing-masing.  Jadi itu sekilas perbedaan antara KOL dan influencer.

Jadi, kamu mau berbisnis sebagai KOL atau influencer, ya otomatis kamu oranag yang mudah di kenali banyak orang dan followers kamu juga harus banyak sehingga kamu bisa memerankan posisi KOL dan influencer di social media.

5. Coaching

Hal berikutnya adalah sebagai coach. Kamu bisa memulai bisnis lewat social media melalui skill coaching kamu. Jika kamu adalah seorang business coach, kamu bisa buka jasa coach kamu secara online yaitu melalui social media. Entah itu, lewat Instagram, YouTube, Website dan lain sebagainya.

Sekarang banyak orang juga yang pengen mempunyai seorang coach, sehingga mereka bisa konsultasi mengenai setiap bisnis yang mereka jalani. Kamu bisa menjadi seorang mentor bagi mereka. Mungkin kamu pernah dengan mengenai Yohanes G Pauly, beliau adalah salah satu business coach di Indonesia yang memiliki 10.000 jam terbang business coaching.

Setiap entrepreneur’s yang sukses pasti mempunyai seorang coach. Kamu bisa membuat seseorang menjadi orang sukses dengan skill coaching kamu.

6. Jangan Lupa Membangun Team

Ini adalah hal yang penting dalam memulai sebuah bisnis. Kamu harus membuat sebuah team untuk mengelola bisnis kamu. Tidak mungkin kamu sendiri yang bekerja di semua bidang kan? Justru itu, team sangat peran penting dalam berbisnis.

Karena dengan membangun team yang solid, dapat meningkatkan produktivitas, kualitas kerja serta loyalitas. Sebab, teamwork dalam team yang solid akan mampu membuat sebuah bisnis atau perusahaan berkembang dan bertahan dalam menghadapi persaingan bisnis. Itulah sebabnya, untuk memulai sebuah bisnis kamu harus sudah mempunyai team dan rencana dalam bisnis yang kamu akan bangun

Jadi, itu adalah hal-hal yang dapat kamu mulai untuk mulai jenis bisnis di sosial media. Semoga bermanfaat.

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *