Jawon Virtual Marketing | Jasa Kelola Website | Jasa SEO Website | Jasa Digital Marketing | Kelola Sosial Media | Buat Website Berkualitas | Oprimasi dan Kelola Wordpress

Penyebab Bisnis Rugi

Penyebab Bisnis Rugi Lewat Media Sosial

Penyebab bisnis rugi – Sebelum memulai sebuah bisnis atau usaha, satu hal yang Anda perlu pertimbangkan adalah kegagalan/kerugian.  Memulai suatu bisnis memang tidaklah mudah seperti yang dibayangkan. Setiap pebisnis besar maupun startup pasti mengalami yang namanya kerugian.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang penyebab bisnis rugi lewat media sosial. Jaman sudah berubah, dan setiap pebisnis membangun bisnisnya melalui media sosial seperti, Instagram, Facebook dan YouTube.  Bagi Anda yang lagi merintis usaha dan melakukan penjualan Anda melalui media sosial, simak artikel ini sampai selesai ya. Karena ada beberapa penyebab bisnis rugi lewat media sosial juga loh. Penasaran apa saja penyebabnya? Yuk, langsung saja simak.

Pemicu Bisnis Rugi Lewat Media Sosial

1. Tidak Mempunyai Goals/Tujuan

Mengapa bisnis tidak sukses atau untung tetapi mala buntung? Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebagai pebisnis adalah tujuan (goals) dari bisnis Anda. Apa tujuan Anda  memulai bisnis tersebut, tujuan apa yang mau Anda capai dari bisnis Anda? Kerana tujuan dari bisnis itu yang akan mendorong Anda untuk terus maju demi mencapai tujuan tersebut.

Maka dari itu, penting sekali untuk menentukan tujuan dan persiapan sebelum memulai sebuah bisnis. Karena tanpa tujuan/goal adalah salah satu penyebab kegagalan atau kerugian dalam bisnis yang Anda telah bangun.

Jadi, pastikan Anda mempunyai tujuan.

2. Tidak Konsisten Memposting Konten

Nah, ini nih kalau berbisnis lewat media sosial, salah satu syarat yang harus Anda lakukan secara konsisten adalah memposting konten. Kenapa? Kekonsistenan Anda memposting konten di media sosial, akan semakin banyak pengunjung yang berdatangan bahkan melihat-lihat produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Konten yang berkaitan dengan marketing produk atau jasa. Sebaiknya Anda harus mempunyai jadwal posting konten setiap hari. Konten marketing tidak hanya dengan memposting saja, tetapi harus konsisten.

3. Tentukan hari dan waktu kapan Anda harus posting di media sosial Anda.

Karena, ketidakkonsistenan ini juga akan membawa Anda kepada kegagalan bahkan kerugian. Oleh sebab itu, buatlah konten Anda dalam timeline atau jadwal sehingga Anda dapat membuatnya secara konsisten sesuai tema dan timeline yang sudah Anda buat.

4. Tidak Mempunyai Marketing Plan

Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah, marketing plan. Dalam setiap rencana penjualan produk maupun jasa membutuhkan yang namanya marketing plan atau rencana pemasaran. Sebelum memasarkan produk Anda di pasar, pastikan Anda sudah membuat rencana pemasaran.

Apakah Anda mau mempromosikan produk atau jasa yang Anda tawarkan melalui sebuah iklan? Memasarkan produk lewat platform e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia? Nah itu hanya sebuah contoh.

Pastikan Anda sudah membuat rencana pemasaran dengan terperinci dan tertatah, supaya Anda tidak hanya menjual produk tanpa rencana. Karena bahayanya Anda bisa mengalami kerugian bahkan kegagalan. Jadi, tetap terencana ya.

5. Postingan Konten Itu-Itu Saja

Ini lagi, ini lagi. Memang tidak ada konten lain selain ini doang? Nah, Konten yang diposting jangan hanya itu-itu saja. Maksudnya apa itu-itu saja? Contohnya begini; Anda menjual produk kecantikan seperti skincare. Produk yang Anda posting cleanser melulu, tidak ada varian produk lain, atau  bahkan produk skincare lainnya.

Jadinya kan, pelanggan jadi malas belanja di toko Anda karena varian produk yang Anda jual cuma satu itu saja. Yang diposting selalu satu produk itu saja. Otomatis pelanggan yang tadinya mau belanja di toko Anda tidak jadi belanja karena produk skincare yang dia cari tidak ada di toko Anda.

Nah, itu hanya contohnya saja. Jadi pastikan tema konten Anda itu berubah-ubah setiap minggu atau bulan biar yang lihat konten Anda tidak bosan gitu loh.

6. Sering Melakukan Spam

Penyebab bisnis rugi yang terakhir adalah spam. Apa itu spam? Spam adalah penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya. Orang yang melakukan spam disebut spammer. Macam – macam spam meliputi spam surat elektronik, spam usenet newsgroup, spam pesan instan, spam mesin pencarian Google, spam lewat blog dan spam jejaring sosial.

Nah, sebagai pebisnis yang membangun bisnis lewat media sosial, pastikan kamu tidak melakukan spam kepada pelanggan atau calon pelanggan secara berlebihan. Karena hal ini dapat membuat calon pelanggan bahkan pelanggan Anda berhenti mengunjungi toko Anda dan beralih ke toko lain.

Maka dari itu, pastikan Anda tidak menjadi spammer ya. Kirimlah pesan sesuai dengan tujuan yang sudah Anda rencanakan.

Aktivitas Yang Akan Membuat Bisnismu Sukses di Media Sosial

1. Membuat Rencana Kerja Mingguan

Terbiasalah untuk membuat target mingguan yang kemudian nanti bisa kamu pecah menjadi aktivitas harian kamu mau ngapain aja. Ketika ada sebuah rencana kerja yang sudah kamu buat, maka secara otomatis otak kamu akan bekerja lebih maksimal, mengurangi rasa malas.

Apabila membuat rencana kerja mingguan ini masih membuat kamu malas, maka tipsnya tuliskan beberapa hukuman untuk diri kamu sendiri ketika rencana kerja yang sudah kamu buat tidak terlaksana. Dan buatlah semacam penghargaan untuk diri kamu sendiri ketika rencana tersebut terlaksana dengan baik.

2. Membuat Kalender Konten Media Sosial

Dengan cara membuat kalender konten akun media sosial kamu akan terhindar dengan yang namanya kehabisan konten. Yang kemudian dapat mengakibatkan matinya akun media sosial karena kehabisan konten.

Buatlah kalender konten minimal satu bulan kedepan, dan buatlah kalender konten baru ketika jadwal konten sudah masuk pertengahan bulan. Agar pekerjaan tidak menumpuk pada akhir bulan.

3. Konsisten Posting Konten

Apabila kamu sudah rutin membuat kalender konten, maka seharusnya permasalah tentang posting konten sudah tidak ada yang namanya mogok posting. Biar postingan kamu lebih terjadwal kamu juga bisa menggunakan beberapa tools Instagram marketing gratis.

4. Sering Membuat Story Untuk Memancingan Audience

Berdasarkan pengalaman saya saat mengelola Instagram, dalam waktu sehari saya biasanya membuat 1 jenis pertanyaan yang berkaitan dengan layanan atau produk. Pertanyaan tersebut simpel kok, intinya pertanyaan untuk mengetahui masalah audience tentang suatu hal. Dari Sini kamu juga bisa membangun sebuah komunikasi dengan followers kamu.

Nah, itu adalah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab bisnis rugi lewat media sosial. Jadi, ingat jangan lakukan hal-hal diatas kalau Anda membangun bisnis Anda secara online atau lewat media sosial.

Semoga Anda dapat insight baru dari membaca artikel ini ya. Salam sukses!

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *