Jawon Virtual Marketing | Jasa Kelola Website | Jasa SEO Website | Jasa Digital Marketing | Kelola Sosial Media | Buat Website Berkualitas | Oprimasi dan Kelola Wordpress

Manfaat Membangun Personal Branding

Manfaat Membangun Personal Branding Kamu

Manfaat membangun personal branding – Apakah kamu sudah tidak asing dengan istilah personal branding? Apakah kamu juga merupakan salah satu orang yang memiliki keinginan untuk membranding diri? Jika iya, maka kamu bertemu dengan bacaan yang tepat. Karena artikel ini akan membahas tentang personal branding dan apa manfaatnya.

Sebelumnya mari bahas tentang apa saja tujuan kegiatan personal branding. Tujuan kegiatan personal branding adalah untuk memunculkan value yang ada pada dirimu. Maksudnya adalah nilai apa atau hal apa yang ingin kamu tunjukan kepada khalayak. Nah, jika kamu sudah menemukan value baik yang ada pada dirimu maka kamu akan dengan mudah membranding diri.

Namun, jika kamu masih bingung darimana memulai untuk membangun personal branding maka kamu wajib membaca artikel ini sampai selesai. Karena Jawon Virtual Marketing akan membantu kamu dalam menemukan manfaat membangun personal branding. Agar kamu lebih bisa mengenali diri sendiri dan menemukan branding yang pas untuk dirimu.

Apa itu Personal Branding?

Sebelum membahas tentang manfaat membangun personal branding ada baiknya membahas tentang apa itu personal branding? Personal branding yaitu suatu kegiatan  untuk mempromosikan diri, karir dan pencapaian yang ada dalam hidupmu. Bisa juga personal branding sebagai proses mengembangan dan mempertahankan reputasi atau citra baik yang ada pada dirimu.

Dengan kata lain, personal branding yaitu caramu mempromosikan diri sendiri. Yang memiliki maksud kamu ingin terkenal sebagai apa karena hal itu sangat penting. Dengan personal branding kamu bisa menceritakan kisah yang telah kamu alami sehingga orang lain akan mendapatkan kesan dari reputasimu.

Hal-hal yang perlu untuk membranding diri yaitu seperti keterampilan, pengalaman, dan kepribadian. Kamu harus bisa membuat kombinasi dari ketiga hal tersebut agar membuat dirimu dikenal banyak orang.

Manfaat Membangun Personal Branding

Apa sih manfaat dari membangun personal branding? Secara sederhana jika orang-orang mulai mengenal kamu sebagai pribadi yang baik, bertalenta tentunya orang-orang akan lebih mempercayaimu. Selain itu, dimata orang lain kamu akan mendapatkan kredibitas karena telah berhasil membranding diri dengan apa yang telah kamu raih.

Personal branding akan membantu kamu dalam meyakinkan orang-orang jika kamu merupakan orang  terbaik di bidang yang kamu geluti.  Sehingga sangat cocok buat kamu yang sedang mencari kerja maupun mahasiswa.  Manfaat personal branding bagi mahasiswa yaitu kamu bisa membranding diri dengan pengalaman dan prestasi yang telah kamu raih sehingga akan membuatmu lebih mudah dalam melanjutkan studi maupun mencari pengalaman bekerja.

Kenapa Personal Branding Sangat Penting

Telah tertera pada tulisan sebelumnya manfaat dari personal branding jadi, telah terlihat pula jika personal branding sangat penting. Pentingnya personal branding yaitu kamu akan lebih mudah menemukan pekerjaan, investor untuk projek yang kamu kerjakan maupun HRD yang sedang mencari kandidat dalam mengisi perusahaan.

Membangun personal branding memerlukan konsisten yang tinggi. Karena itulah proses untuk menentukan citra apa yang melekat yang ada pada dirimu. Berikut merupakan tips untuk membantu proses branding diri yang akan kamu jalani:

Tentukan Tujuan Personal Branding

Hal utama tentunya yaitu menentukan tujuan personal branding. Sehingga kamu tidak akan bingung jika ada sesorang yang bertanya tentang tujuanmu ingin terkenal orang lain. Selain itu, jika kamu masih kesusahan menentukan tujuanmu kamu pasti memiliki salah satu tokoh atau orang yang mengispirasimu. Nah, dari tokoh tersebut kamu boleh untuk mengikuti bagaimana cara dia melakukan personal branding.

1. Tampilkan Citra Diri Sesuai Portofolio

Menentukan tujuan personal branding harus sesuai dengan portofolio kamu. Maksudnya adalah kamu harus menampilkan apa saja skill yang kamu miliki. Tidak mengada-ada tentang apa yang kamu bisa dan raih. Agar branding kamu tidak hanya terlihat sebagai pencitraan.

Contohnya kamu  ingin terkenal sebagai seorang trainer atau motivator, tapi  kamu tidak memiliki pengalaman mengisi seminar motivasi di lembaga atau di bangku perkuliahan. Hal tersebut tentunya akan menimbulkan kesan jika kamu hanya mengada-ngada. Saat personal brandingmu tidak sesuai dengan kenyataan, tentu itu akan  menjadi pembohongan publik.

2. Mulai Buat Website Pribadi

Mulailah untuk membuat website pribadi. Inilah salah satu jawaban atas pertanyaan bagaimana membangun personal branding dengan mudah. Dengan  memiliki website pribadi  kamu bisa lebih mudah terkenal dan terpercaya. Karena seseorang yang telah memiliki website pribadi akan terlihat lebih professional.

Selain itu website pribadi memiliki banyak kelebihan, kamu bisa dengan bebas memilih dan menentukan konten yang ada dalam website dan kamu juga bisa menambahkan protofolio, informasi kamu dan lain sebagainya. Lalu apakah kamu sekarang sudah memiliki  website pribadi? Jika belum,silahkan baca artikel cara dan langkah membuat website.

3. Buat Konten yang Bernilai dan Optimasi Sosial Media

Buatlah konten yang menarik, konten yang dapat membentuk personal brandingmu. Dengan memilih konten yang menarik dan menjual kamu akan lebih terpandang. Kamu bisa membuat content marketing karena akan lebih mudah memasarkan  kontenmu. Dengan cara membuat jenis konten menarik di Instagram.

Selain itu, lakukanlah optimasi sosial media lakukanlah riset pada audience kamu untuk mengetahui strategi yang terbaik dalam membangun personal branding. Dengan optimasi inilah kamu bisa memaksimalkan personal branding kamu.

4. Bangun Networking dan Saling Berkolaborasi

Bangun networking sangat penting. Dengan membangun networking kamu dapat bertemu dengan teman baru, partner kerja baru, peluang kerja yang lebih baik. Secara tidak langung akan membantu kamu untuk mengembangkan personal branding kamu.

Kamu juga perlu melakukan kolaborasi  seperti youtuber karena dengan kolaborasi akan membangun networking yang lebih luas lagi.

Dari pembahasan di atas terlihat bahwa membangun personal branding sangat penting sekali. Mulailah untuk membangun personal brandingmu dari sekarang agar kamu lebih terpercaya dan kredibilitasmu semakin kuat. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat dan semoga bisnis yang kamu perjuangankan selama ini dapat bertumbuh lebih baik dan maju (AAMIN). TETAP SEMANGAT !

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *